Mendaki Gunung itu TIDAK Rumit

Mendaki gunung adalah kegiatan yang biasa di lakukan oleh para penggiat alam terbuka dan juga oleh para pecinta alam. Tetapi bagi Anda yang belum pernah mendaki gunung, Anda akan membayangkan rintangan – rintangan berat, rasa lelah, dan segala hal tentang kerumitan dari mulai persiapan hingga pulang kembali.

IMG-20140529-01381
Menuju Puncak Mahameru
www.belantaraindonesia.org
Menuju Puncak Merapi

Namun disisi lain, mungkin Anda penasaran untuk merasakan sensasi melakukan pendakian. Karena di puncak gununglah Anda akan menemukan sensasi keindahan alam ciptaan Tuhan dan juga bagian terkecil dari Kebesaran Tuhan atas semesta alam ciptaan – Nya.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai mendaki gunung, berikut ini beberapa cara yang mungkin bermanfaat bagi Anda untuk memulai mendaki gunung.

Lakukan Survey Atas Lokasi Pendakian 
Dengan melakukan survey terlebih dahulu, Anda akan mengetahui tingkat kesulitan pendakian juga biasanya dibeberapa lokasi pendakian mempuanyi peraturan yang harus ditaati oleh para pendaki, seperti misalnya kontur dari gunung tersebut, seberapa sulit jalur pendakian bagi pemula, perlukah melakukan pendaftaran di kantor pengelola dan lain – lain. Agar Anda nyaman melakukan pendakian, gunakan waktu survey yang tepat adalah H – 7 sebelum kegiatan pendakian dilaksanakan.

Lakukan Pemanasan Sebelum Pendakian
Mendaki gunung memerlukan stamina yang prima dan kuat, karena kita akan banyak mengalami beberapa hal seperti jalur yang akan dilewati belum terbiasa, belum lagi selama melaksanakan pendakian oksigen yang kita hirup akan mengalami perbedaan kadarnya, semakin tinggi lokasi akan semakin tipis oksigen yang tersedia. Maka disarankan sebelum melakukan pendakian lakukan jogging secara rutin untuk persiapan pendakian ini, dan biasanya dilakukan sebulan sebelum pelaksanaan.

Persediaan Logistik Yang Cukup
Persiapkan kebutuhan logistik Anda secukupnya sesuai dengan berapa hari Anda melaksanakan pendakian digunung. Meski kadangkala selama perjalanan banyak warung yang dapat kita singgahi, namun disaat sampai ke puncak gunung, atau disaat beristirahat di satu tempat Anda akan sangat membutuhkan logistik untuk kebutuhan makan, minum, atau untuk mengobati luka.

Oleh karenanya kebutuhan pokok yang wajib Anda bawa seperti perlengkapan P3K, Air minum dalam kemasan, maupun makanan instan misalnya mie, ikan kaleng dan lain – lain yang bersifat instan, juga tidak lupa perlengkapan masak yang mudah dibawa seperti parafin, trania dan lain – lain. Satu hal yang harus di catat adalah kebutuhan tersebut harus Anda ukur dengan jumlah hari yang dibutuhkan selama di gunung, terutama untuk air minum.

Membawa Pakaian Hangat
Umumnya udara di gunung relatif dingin bahkan bisa mencapai 50 Celcius, sehingga kebutuhan pakaian hangat atau jaket yang tebal sangat dibutuhkan. Dan satu hal yang harus tidak dilupakan adalah rain coat ( jas hujan ), karena cuaca digunung sewaktu – waktu bisa berubah menjadi hujan meski awalnya cuaca cerah.

Bawa Kantong Plastik Sampah
Gunung merupakan bagian dari jantung bumi kita dan bagian dari penyeimbang alam haruslah dijaga baik – baik dari sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik bekas makanan atau minuman. Alangkah baiknya jika Anda selama melakukan pendakian tidak membuang sampah sembarangan, namun mengumpulkan bekas makanan atau logistik Anda ke kantong sampah yang sudah dibawa tersebut.

Kalau perlu selama melawi jalur pendakian disaat Anda akan turun, gunakan kesempatan tersebut untuk memungut sampah terutama plastik yang berserakan disembarang tempat. Ini berarti Anda bagian dari orang yang turut melestarikan keberlangsungan alam dan keindahan alam gunung tersebut.

Berdoa Sebelum Naik dan Turun Gunung
Berdoa merupakan hal yang harus Anda laksanakan sebelum naik maupun turun gunung  agar selama perjalanan Anda mendapatkan perlindungan dari Tuhan, aman dan lancar sampai tujuan.

So, mendaki gunung tidak serumit yang dibayangkan. Saatnya Anda menguji adrenalin dengan melakukan pendakian gunung dan mencoba langkah – langkah yang sudah di informasikan tersebut.

 

#G4D4Adventure

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s