Di Lereng Gunung Ada Pasar Setan??

Pasar Setan, adalah tempat yang biasanya menarik di kunjungi oleh para petualang pendaki gunung. Menarik karena, biasanya lokasi itu adalah tempat yang bisa untuk membuka tenda istirahat dan juga kawasan tersebut lebih landai di banding tempat lain di lereng gunung. Kemudian jika kita menilik hanya berdasar nama semata, kadang hal tersebut membuat bulu kuduk berdiri karena alasan takut. Pasar Setan sesuai namanya adalah tempat tinggal setan. Benarkah idiom tersebut?

www.belantaraindonesia.org

Pasar setan di percaya sebagai tempat ajang berkumpulnya para mahluk halus penghuni gunung, seperti selayaknya manusia berdagang dan berkumpul di pasar, disana juga demikian, menurut yang percaya. Dan berikut ini gunung – gunung yang mempunyai lokasi yang melegenda yang disebut Pasar Setan.

Gunung Merapidi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mempunyai kawasan pasar setan yang lebih terkenal dengan nama Pasar Bubrah, yang letaknya persis dibawah puncak utama Merapi. Disana biasanya dijadikan tempat beristirahat dan membuka tenda, karena banyak batu – batu besar sebagai pelindung jika badai datang.

www.belantaraindonesia.org

Gunung Merbabu memiliki Pasar Setan yang terletak di sekitar puncak Kentheng Songo. Tempat ini datar dan lumayan luas. Hanya yang perlu di perhatikan adalah sebelah Selatan dan Utaranya adalah sebuah jurang yang cukup dalam. Dikarenakan tempat ini adalah kawasan puncak.

www.belantaraindonesia.org


Gunung Sumbing Di Jawa Tengah mempunyai pasar setan yang terletak di atas Bukit Genus, dimana banyak di tumbuhi rerumputan, dan seringkali terjadi badai yang menerpa wilayah ini sehingga mengakibatkan bahaya saat melakukan pendakian.

Gunung Argopuro juga memiliki kawasan Pasar Setan. Julukan ini yang diberikan oleh penduduk setempat memang pantas dan layak, karena pada siang hari terdengar suara berisik layaknya sebuah pasar. Tepatnya di antara Cikarus menuju Cisentor dan Rawa Embek, sebuah tempat mendekati puncak Rengganis. Anehnya bila didekati suara pasar itu akan menghilang.

Silahkan kunjungi gunung – gunung tersebut bila ingin mengetahui pasar setan di gunung, percaya ataupun tidak terserah anda semua, karena yang pasti, petualangan tak akan berhenti hanya karena hantu yang menjadi mitos, dan ada yang Maha Gaib, yakni Tuhan Pencipta dan pemilik Alam.

Dan hingga kini sampai nanti tak akan bisa hilang Pasar Setan – Pasar Setan di gunung – gunung Indonesia. Mungkin nanti jika telah ada yang mau mendirikan Hypermart atau Pasar Swalayan di bawah puncak gunung, Pasar Setan akan hilang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s