Backpacker Seru & Nyaman ke Daerah Istimewa bersama DOcar

Awalnya, rencana yang ingin saya wujudkan bulan September tahun ini adalah pergi melancong ke Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja) untuk bertemu kawan lama saya disana, lalu bersama-sama mengunjungi berbagai objek wisata menarik di Jogja.
Tantri dan Hendra Dopo adalah teman saya tersebut, awalnya kami bertemu di Gunung Semeru bulan april lalu. Di ketinggian 3676mdpl darisanalah kami mulai akrab, bahkan bisa dianggap kami telah menjadi saudara sekarang. Kami bertiga sesama penggemar hiking & traveling, kesamaan inilah yang membuat kami semakin akrab. Meski masing-masing tinggal di Kota yang berbeda, bahkan beda Pulau.
Di Indonesia Timur, Mbak Tantri tinggal bersama kakanya di Denpasar, sedangkan Hendra Dopo tinggal di Balikpapan, dan saya sendiri dari Malang.
Karena jarak dan domisili kami yang berpencar itulah, saya anggap Jogja adalah titik temu yang tepat untuk kami bertiga..
foto 1.JPG
Img_456131Img_456135Img_456142
Menurut saya pribadi, Yogyakarta merupakan kota yang sangat indah dan istimewa di Indonesia. Tak kalah bagusnya dengan objek wisata beberapa kota besar di Indonesia, jogja juga memiliki berbagai tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi oleh semua orang, baik warga lokal maupun asing dengan harga yang cukup murah.
Salah satu tempat yang paling populer dan sangat ingin kami nikmati selama di Jogja adalah Jl. Malioboro, yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.
Di jalan tersebut beraneka kuliner khas Jogja, kota yang sering dijuluki “kota Gudeg” oleh orang pribumi  ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan tempat yang amat menarik untuk dikunjungi. Selain itu  banyak budaya menarik yang disuguhkan oleh kota ini, sehingga tak salah jika memang kota ini dijuluki “City of Culture” of Indonesia.
Wajar saja jika dulunya Yogyakarta dijadikan ibukota, dan menjadi Daerah Istimewa. Karena kota yang satu ini memang memiliki kemajuan yang lebih baik dibanding yang lain, baik dari segi pendidikan, kreativitas masyarakat, keindahan kota, dan lain sebagainya. Dan soal wisata tak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan yang berdatangan kesana, baik wisatawan lokal maupun asing.
Jogja bukan hanya sebagai kota wisata yang menyenangkan, tetapi juga sebagai sentra pendidikan yang sangat bagus di Indonesia, wajar saja jika Yogyakarta juga dijuluki dengan sebutan kota pendidikan. Kota yang satu ini memang berbeda dengan kota lainnya di Indonesia, suasana tenang, alam yang indah, masyarakat yang sangat ramah, dan kuliner yang lezat, dan itulah sekiranya daya tarik utama dari sebuah kota bernama Jogjakarta.

 

Hendak jalan-jalan kemana selama di Jogjakarta?

1. Malioboro

 
1
Malioboro
Malioboro merupakan salah satu nama jalan dari tiga jalan di Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.
Ada banyak obyek bersejarah yang tersedia di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja, serta berbagai kemenarikan lainnya.
  1. Pasar Beringharjo
  2. Kasongan
  3. Pasar Seni Gabusan
  4. Pantai Baron – Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab Gunungkidul
  5. Pantai Samas – Des. Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul
  6. Air Terjun Gedangan – Bantul
  7. Air Terjun Goa Cerme – Bantul
  8. Air Terjun Jogan – Gunung Kidul

2. Pantai Parangtritis – Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul

 
parangtritisparangtritis2
Pantai Parangtritis
Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

  1. Pantai Indrayanti – Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul
  2. Pantai Pok Tunggal – Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul
  3. Pantai Sepanjang – Timur Pantai Kukup, Kab. Gunungkidul
  4. Pantai Ngobaran – Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul
  5. Pantai Sadeng – Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul
  6. Pantai Glagah – Kab. Kulon Progo
  7. Pantai Wediombo – Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul
  8. Candi Kalasan adalah Peninggalan Budha yang Tertua di Yogyakarta – Desa Kalibening, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  9. Candi Gembirowati – Desa Girijati, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul

 

 

3. Candi Prambanan – Desa Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman

 
prambanan-temple-5
Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan salah satu candi tercantik di dunia, dan terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.
Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.
  1. Kraton Ratu Boko, memiliki Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian – Desa Dawung, Kec. Prambanan, Kab Sleman
  2. Candi Ijo, Candi ini Letaknya paling tinggi di Yogyakarta – Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  3. Candi Abang – Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman
  4. Candi Gampingan – Desa Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul
  5. Candi Sari – Desa Candisari, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  6. Candi Kedulan – Desa Kedulani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  7. Candi Sambisari – Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  8. Candi Sorogedug – Dusun Sorogedug, Desa Madurejo, Kec Prambanan, Kab. Sleman
  9. Candi Kimpulan – Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman

4. Taman Sari

 
147578-1000xauto-mitos-tamansari-taman-sari-water-castle
Taman Sari
Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.
Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.
  1. Candi Banyunibo – Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  2. Candi Morangan – Desa Morangan, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman
  3. Candi Risan – Dusun Candirejo, desa Risan, Kec. semin, Kab. Gunungkidul,
  4. Situs Mantup – Dusun Mantup, Desa Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul
  5. Situs Payak – Dusun Payak, Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul
  6. Situs Mangir – Dusun Mangir, Desa Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul
  7. Situs Arca Bugisan – Dusun Bugisan, Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  8. Situs Arca Gupolo – Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  9. Situs Gua Sentono – Desa Jogotirto, Kec. Berbah
5. Keraton Yogyakarta
 
Indonesia - Java - Yogyakarta - Kraton (Kraton Ngayogyakarta Had
Keraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka
  2. Candi Klodangan – Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman
  3. Monumen Jogja Kembali
  4. Goa Selarong
  5. Gua Rancang Koncono
  6. Gua Cerme
  7. Museum Sonobudoyo
  8. Pemakaman Imogiri
  9. Kerajinan kulit Manding Bantul
6. Goa Jomblang
cahaya-surga-goa-jomblangjomblang-cave
Goa Jomblang

Jika anda menyukai petualangan atau tantangan maka Goa Jomblang yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini patut anda coba untuk explore. Goa Jomblang yang merupakan goa vertikal ini mempunyai hutan purba yang rapat didalamnya. Namun yang menjadi daya tarik utama adalah menelusur, melihat serta mengabadikan cahaya yang turun secara tegak lurus menembus kegelapan goa, yang sering disebut “Cahaya Surga”.

Akses menuju Goa Jomblang dari pusat kota jogjakarta memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 50 kilometer. Anda bisa memilih menggunakan angkutan umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Letak Goa Jomblang

Goa Jomblang ini terletak pada perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari gombong jawa tengah hingga kawasan karst Pegunungan sewu, Pacitan Jawa Timur. Goa vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk karena ribuan tahun yang lalu tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya ambles ke dasar bumi akibat dari proses geologi.

Akibat dari peristiwa alam tersebut akhirnya membentuk “sinkhole” atau sumuran menganga, namun masyarakat sekitar menyebutnya “luweng”. Diameter luweng jomblang ini mempunyai diameter 50 meter.

Cara Masuk Luweng Jomblang

Untuk mengexplore goa jomblang ini selain dibutuhkan keberanian dan nyali yang extra, harus disertai juga dengan penguasaan Single Rope Technique (SRT) atau biasa disebut tali tunggal. Selain itu kegiatan caving di Goa Jomblang ini juga wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving dan anda juga wajib didampingi oleh ahli penelusur goa yang sudah berpengalaman.

Peralatan dan perlengkapan yang wajib digunakan untuk menjelajah Goa Jomblang adalah coverall, sepatu boot, helm, headlamp dan SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang serta cowstail pendek.

 

foto 3

foto 2

foto 4

Goa jomblang ini terhubung dengan dua goa vertikal lainnya yang bernama goa grubug. Untuk memasukinya terdapat 4 jalur, bagi pemula disarankan untuk memilih jalur VIP, karena jalur yang pendek dan mudah. Namun jalur VIP ini tidak langsung menuju blank spot, melainkan harus menyusuri slope yang curam dulu sekitar 15 meter, setelah itu baru turun lewat tali sekitar 20 meter. Mungkin perjuangan untuk sampai ke dasar goa terasa berat, namun jika anda sudah berhasil menapakkan kaki di dasar goa, niscaya perjangan anda tersebut terbayar kontan dengan pemandangan alam indah.

Itulah beberapa objek wisata yang ingin kami sambangi selama di Jogja. Untuk mewujudkan kegiatan wisata tersebut, satu hal yang paling penting untuk saya lakukan dari sekarang adalah memesan mobil untuk kemudahan perjalanan. Tanpa kendaraan sewa, kelancaran berwisata dapat dipastikan tidak selancar saya menata urutan tempat tujuan. Apalagi, saya termasuk orang yang tidak lincah dalam naik turun kendaraan umum. Bukan maksud hati hendak mengatakan tidak suka naik angkutan umum, tapi sungguh saya bukan orang yang tangguh dan tegar di jalanan. Menyewa mobil adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempermudah perjalanan..

Namun, beberapa problematika sering muncul ketika akan menyewa mobil. Perkara menyewa mobil terkadang memang menjadi tidak mudah karena butuh waktu dan tenaga ekstra untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Tak jarang harus rela untuk mengunjungi rental mobil dari satu tempat ke tempat lainnya. Belum lagi masalah harga sewa, harus membandingkan harga dari beberapa tempat rental untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget.

Terkadang pula saya tidak mengetahui kondisi mobil yang akan disewa. Bahkan juga tidak pernah mengetahui siapa pengemudi yang akan mengantarkan selama perjalanan. Semuanya harus dipikirkan secara matang agar mobil sewaan memenuhi kelayakan yang ada.

banner-ad-3.jpg
docar.png
Syukur Alhamdulillah, sejak awal bulan Juli lalu saya mendapat informasi dari seorang kawan bahwa kini sudah ada alternatif lain dalam hal sewa menyewa mobil. Yakni aplikasi DOcar

Lagi, teknologi komunikasi telah mempermudah kehidupan. Setelah berbagai aplikasi kebutuhan sehari-hari lainnya, kini hadir aplikasi sewa mobil online. Luar biasa!

DOcar  adalah e-marketplace yang bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. DOcar mempertemukan partner-partner penyedia jasa sewa mobil yang ingin memasarkan jasa sewa mobil dan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.

PT. DOcar Indonesia sebagai perusahaan induk DOcar telah berkecimpung di bidang IT sejak tahun 2011. Setelah berada di bidang IT khususnya dunia online internet selama lima tahun, DOcar melihat peluang bisnis di sektor jasa sewa mobil Solo Jogja Semarang. Banyak di antara pelaku jasa sewa mobil kurang memperhatikan kemudahan calon pelanggan untuk mendapatkan mobil sewaan yang benar-benar mereka inginkan.

DOcar yang menyadari perkembangan pesat penggunaan aplikasi mempunyai inisiatif untuk mencarikan solusi antara pelaku jasa sewa mobil calon pelanggan. Dilandasi keinginan DOcar  untuk membantu penyewa mobil mendapatkan mobil pilihan, membantu rental mobil memasarkan produk-produk jasa sewa mobil, serta mendukung pariwisata Indonesia, DOcar mengajak para pelaku usaha sewa mobil untuk bernaung dalam satu e-marketplace dengan nama DOcar.

Pemilihan nama DOcar sebagai e-marketplace pelaku usaha rental mobil bukan hanya sekadar jargon. Penggagas DOcar mengajak pelanggan, utamanya wisatawan, untuk memilih mobil sewaan sebagai sarana transportasi yang praktis dan andal. “Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil.” (DO your activities with CAR), demikian visi dari DOcar.

Alasan lainnya, DOcar memiliki kemiripan ejaan dengan “dokar”, salah satu warisan budaya Jawa berbentuk alat transportasi tradisional. Menurut penuturan masyarakat Jawa, istilah “dokar” diyakini berasal dari bahasa Inggris dogcart (kereta pembawa anjing pemburu). Di era modern ini, dokar telah bergeser fungsinya menjadi alat transportasi wisata turis untuk berkeliling kota. Fungsi tersebut mengilhami DOcar yang ingin turut berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia sebagai salah satu visi DOcar.

Keunggulan DOcar

sdrrw.png

Layanan sewa mobil DOcar mudah diakses, fleksibel, mampu menampilkan harga termurah, dan meliputi banyak varian mobil. Dibandingkan dengan layanan serupa, DOcar benar-benar mendata setiap mobil sewaan secara detail. DOcar menyediakan informasi lengkap mulai dari kondisi umum mobil hingga plat nomor mobil. Hanya DOcar yang bisa menjamin Anda mendapatkan mobil sewaan pilihan Anda.

Wilayah operasional DOcar untuk saat ini adalah wilayah Solo dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, serta Semarang dan sekitarnya. DOcar akan terus memperluas wilayah operasional. Ini adalah salah satu visi DOcar untuk dapat menghadirkan layanan sewa mobil online DOcar di seluruh Indonesia. DOcar yakin dapat menghadirkan layanan sewa mobil online yang mudah, tepat, dan lebih terjangkau.

 

Dilihat dari segi kualitas, aplikasi DOcar ini jelas sangat membantu dalam hal sewa menyewa kendaraan. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, cepat, dan aman.

Saya percaya,  aplikasi wajib traveling ini punya beragam manfaat untuk memudahkan perjalanan, mulai dari mengetahui posisi mobil sewa terdekat, memilih titik penjemputan, pengantaran, waktu pesanan, dan tipe mobil, dll.

Demi manfaat itulah saya bersegera memasang aplikasi DOcar di gadget saya. Semudah itukah? Mari kita lihat.

Berikut adalah proses pemesanan yang saya lakukan melalui aplikasi  DOcar.

Pertama, buka dulu aplikasinya, selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:

Screenshot_2016-08-02-10-21-20
Screenshot_2016-08-02-10-21-42
Screenshot_2016-08-02-10-22-08
Screenshot_2016-08-02-10-23-43
Screenshot_2016-08-02-10-24-07
Nah, mudah sekali, bukan?
Ya, mudah dan cepat, itulah yang saya rasakan ketika melakukan proses pemesanan. Semoga saja, rencana jalan-jalan di Jogja nanti pun bisa terlaksana dengan mudah, semudah menggunakan aplikasi DOcar.
Mau ikut saya #CityTour di Jogja? Ayo merapat..
=====
DOcar
Keterangan lebih lanjut mengenai DOcar dapat menghubungi Customer Service melalui nomor +62271-735789 atau email ke : support@docar.co.id yang dapat membantu setiap saat.Website: https://www.docar.co.id/
Facebook: http://www.facebook.com/docar.idDOcar  (Andorid Apps): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar

* Satu hal yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat yang kalian kunjungi..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita, biarkan mereka juga menikmati Kepingan Tanah Surga di Indonesia nantinya..

IMG_20150215_102341

#G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

Advertisements

One thought on “Backpacker Seru & Nyaman ke Daerah Istimewa bersama DOcar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s