Persiapan Standart bagi para Pendaki Gunung

Persiapan umum seorang pendaki gunung adalah persiapan yang baku tetapi seringkali dilupakan atau justru di tiadakan. Banyak kita jumpai pendaki gunung yang hanya membawa peralatan seadanya. Asal bisa naik dan asal mempunyai tenaga. Itu saja, cukup. Padahal banyak yang harus dipersiapkan agar pendakian nantinya terasa menyenangkan, aman serta nyaman. Tidak banyak merepotkan rekan seperjalanan.

foto 3

img_5189img_5196img_5201

Img_456144
Persiapan umum seorang pendaki gunung sebelum mulai naik gunung adalah:

1. Membawa alat navigasi berupa peta lokasi pendakian, peta, altimeter ( Alat pengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut ), atau kompas. Untuk itu, seorang pendaki harus paham bagaimana membaca peta dan melakukan orientasi. Jangan sekali – sekali mendaki bila dalam rombongan tidak ada yang berpengalaman mendaki dan berpengetahuan mendalam tentang navigasi.

2. Pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat. Berolahragalah seperti lari atau berenang secara rutin sebelum mendaki. Bukan olahraga Catur.

3. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai. Misalnya jaket anti air atau ponco, pisahkan pakaian untuk berkemah yang selalu harus kering dengan baju perjalanan, sepatu karet atau boot ( jangan bersendal ), senter dan baterai secukupnya, tenda, kantung tidur, matras, dan disarankan tidak perlu membawa ranjang spring bed.

4. Hitunglah lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik. Berapa banyak harus membawa beras, bahan bakar, lauk pauk, dan piring serta gelas. Bawalah wadah air yang harus selalu terisi sepanjang perjalanan.

5. Bawalah peralatan medis, seperti obat merah, perban, dan obat – obat khusus bagi penderita penyakit tertentu, seperti panu, kadas dan kurap!

6. Jangan malu untuk belajar dan berdiskusi dengan kelompok atau organisasi pecinta alam atau kegiatan alam bebas yang kini telah tersebar di sekolah menengah atau universitas – universitas.

7. Ukurlah kemampuan diri. Bila tidak sanggup meneruskan perjalanan, jangan ragu untuk kembali pulang dan teruskan tidur anda, raih mimpi mendaki gunung!

 

*) Satu hal lagi yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat ini..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita nanti, biarkan mereka juga menikmati Gunung-gunung di Indonesia kelak..

IMG_20150215_102341

Photos by : Agung Setya, mEva Rahmawati & Fajar Achmadi #G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s