Gunung Rinjani Merupakan Salah Satu Trek Terbaik di Asia Tenggara

 

rinjaniview

rinjani02

 

Gunung Rinjani adalah gunung api besar yang menjulang tinggi di atas pulau Lombok . Sebuah pendakian ke puncak adalah salah satu pengalaman yang paling menggembirakan yang dapat anda nikmati di Indonesia . Pada 3.726 meter di atas permukaan laut , Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia . Pendakian ke puncak mungkin tidak mudah tapi itu sangat bernilai, dan secara luas dianggap sebagai salah satu yang terbaik dilihat di negara ini .

Bagian dari ‘ cincin api ‘ yang terkenal gunung ini juga memiliki signifikansi spiritual bagi masyarakat setempat . Diperkirakan bahwa nama Rinjani berasal dari istilah Jawa kuno untuk ‘ Tuhan ‘ .

Sekitar lereng Rinjani terdapat hutan lebat ditaburi dengan air terjun dan dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan .

Dalam gunung adalah bulan sabit berbentuk danau , Segara Anak hati yang terletak sekitar 6 km di seberang pada titik terlebar . Ini danau belerang terletak 600 meter di bawah bibir kawah . Bangkit dari perairan danau ini adalah gunung berapi baru , Mt . Baru , yang merupakan hasil dari serangkaian letusan selama tahun 1990-an . Segara Anak adalah tempat spiritual . Orang Bali datang ke sini setiap tahun dan melakukan upacara yang disebut pekelan yang mana perhiasan ditempatkan di danau sebagai persembahan kepada roh gunung . Orang-orang Wetu Telu juga menganggap danau suci dan datang ke sini untuk berdoa pada malam bulan purnama .

Mt Rinjani terletak dalam Taman Nasional Gunung Rinjani . Taman mencakup 41.330 hektar dan duduk di dalam zona transisi bio – geografis utama ( Wallacea ) . Di sinilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu bahwa dari Australasia . Taman Nasional ini didirikan pada tahun 1997 dan merupakan salah satu dari lebih dari 40 di seluruh Indonesia .

Bagi pengunjung , tiga hari Rinjani rute perjalanan dari Senaru ke tepi kawah , turun ke Danau kawah kemudian ke Sembalun Lawang , dianggap salah satu treks terbaik di Asia Tenggara . Trekker petualang mungkin ingin kepala sampai ke puncak gunung berapi . Hal ini sebaiknya dicapai dari Sembalun Lawang dan mengambil empat hari , menyelesaikan di Senaru .

Untuk memastikan bahwa masyarakat setempat mendapatkan keuntungan dari pendapatan pariwisata , Trek Rinjani dikelola oleh kemitraan dari pejabat Taman Nasional , sektor publik dan swasta dari industri pariwisata Lombok dan perwakilan masyarakat . Run masyarakat koperasi mengkoordinasikan Trek di Rinjani Trek Center ( RTC ) di Senaru dan Rinjani Information Center ( RIC ) di Sembalun Lawang .

Pendapatan dari kegiatan pariwisata dan biaya masuk digunakan untuk konservasi , manajemen dan membantu Taman Nasional dengan pemeliharaan Trek Rinjani , sehingga memastikan keberlanjutannya . Model manajemen ini unik di Indonesia dan dianggap sebagai contoh praktek terbaik dari ekowisata di Indonesia .

Salam Lestari

#G4D4Adventure

Advertisements

One thought on “Gunung Rinjani Merupakan Salah Satu Trek Terbaik di Asia Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s