Tips Memilih Carrier untuk Mendaki..

Bismillahirrahmanirrahim…

IMG-20140908-WA0012 Dalam sebuah kegiatan perjalanan petualangan, ransel merupakan salah satu unsur yang penting untuk diperhatikan, karena dengan ransel tersebut seluruh perlengkapan yang akan anda pergunakan akan anda bawa. Oleh karenanya sebuah ransel haruslah nyaman untuk anda pakai, dan dapat secara efisien menampung segala kebutuhan atau perlengkapan yang anda butuhkan selama berkegiatan.

Kapasitas Ransel
Pilih ukuran ransel sesuai kebutuhan anda. Ransel untuk perjalanan sehari tentu berbeda ukurannya ketika anda akan melakukan perjalanan panjang yang memakan waktu hingga beberapa hari. Lokasi dimana kegiatan akan dilakukan juga sangat mempengaruhi pertimbangan dalam hal memilih jenis ransel yang akan anda pergunakan.
Untuk perjalanan singkat satu hari ke hutan atau gunung, ransel berukuran 30-40 liter cukup memadai sebagai tempat untuk membawa perlengkapan anda yang terbatas seperti kamera, tabir surya, makanan dan perlengkapan lainnya.
Untuk pendakian atau perjalanan yang mengharuskan anda menginap satu malam, ukuran 50-55 liter akan lebih baik, karena anda harus membawa perlengkapan yang lebih banyak.
Sedang untuk perjalanan panjang yang memakan waktu berhari-hari ukuran 65-70 liter merupakan ukuran yang cocok agar perlengkapan yang akan anda bawa seperti tenda, alat masak, makanan, dan pakaian dapat masuk ke dalamnya.
Kenyamanan merupakan urutan terpenting dibanding kekuatan, kualitas, dan harga. Pilih bahan yang tahan air, kalau perlu lengkapi dengan penutup ransel. Jangan lupa membungkus perlengkapan/pakaian dengan bahan yang tidak tembus air. Perhatikan pula detil-detil di bawah ini ketika anda memilih dan mencari ransel yang nyaman dan cocok dengan selera serta kebutuhan anda:

Tali Pinggang
Tali pinggang merupakan komponen penting yang akan menentukan tingkat kenyamanan anda saat menggendong ransel, karena sebagian besar berat ransel tersebut akan ditopang oleh tali pinggang yang jatuh tepat pada posisi tonjolan tulang pinggang. Pilih ransel yang mempunyai tali pinggang dengan bantalan empuk dan tidak gampang turun dari pinggang, karena pingganglah yang akan menahan beban lebih banyak dibanding bahu.

Tali Penyeimbang Samping
Tali penyeimbang samping berfungsi untuk mengatur tegangan antara tali pinggang dan punggung ransel saat anda menggendongnya. Fungsi lain adalah untuk mengatur kestabilannya saat anda berjalan.

Tali Bahu
Bantalan bahu harus empuk dan terdapat webbing pengatur yang dihubungkan dengan bagian atas ransel. Bantalan bahu tersebut juga idealnya berbentuk kurva melengkung agar kenyamanan dan posisi jatuh di bahu juga enak, terutama untuk wanita. Bahan bantalan bahu juga harus lembut di kulit maupun pakaian anda.

Tali Pengatur Atas
Kecenderungan alami sebuah ransel yang berisi adalah akan menggelantung ke belakang, sehingga anda akan selalu melawan kecenderungan itu dengan membungkukkan badan anda ke depan. Untuk membuat nyaman sebuah ransel, maka harus mempunyai ikatan pengatur tambahan di antara badan ransel dan puncak bantalan bahu yang berfungsi untuk mendekatkan ransel itu dengan punggung pembawa sehingga ransel akan tetap tegak di punggung pembawa. Penggunaan pengatur atas ini juga bermanfaat untuk membantu menyebarkan titik beban antara puncak bahu dan tulang leher.

Tali Dada
Tali dada selian berfungsi untuk menahan bantalan bahu agar tetap di tempatnya, dan juga membantu sebagai penyeimbang ransel.

Pengatur Panjang Punggung
Pada umumnya hampir semua ransel dapat diatur panjang punggung ransel sesuai dengan panjang punggung pemakai, dengan cara menaikturunkan pengatur yang terbuat dari aluminum, plastik atau webbing.

Bantalan Punggung
Bantalan pungung adalah titik utama sentuhan antara ransel dan punggung anda, oleh karenanya harus nyaman dan mudah untuk diatur. Pilih yang mempunyai mempunyai bantalan di lumbar dan scapula. Bantalan punggung ini juga harus mempunyai rongga udara di bagian punggung. Bahan bantalan punggung ini juga harus cepat kering dan memberi ruang untuk sirkulasi udara.
Ruang Utama
Ruang utama ini merupakan tempat anda menaruh tenda, pakaian, dan bahan makanan anda. Aturlah agar benda terberat yang anda bawa dekat dengan punggung. Beberapa ransel menggunakan bahan anti air.
Ruang Dasar
Ketika ransel anda dibagi menjadi dua ruang, pemisah ruang tersebut bisa saja tetap atau dapat di buka. Namun yang jelas masing-masing akan mempunyai pintu tersendiri. Ruang bawah itu biasanya untuk menempatkan barang yang ringan tetapi mempunyai volume yang besar misalnya kantong tidur.

Kantung Samping
Tidak setiap ransel dilengkapi dengan kantong samping. Adapula yang kantong sampingnya merupakan tambahan dan dapat dibongkar pasang. Untuk kegiatan panjat tebing atau naik gunung yang berlereng terjal, ransel tanpa kantong samping merupakan pilihan yang terbaik. Namun saat anda pergi trekking di gunung atau hutan dan membutuhkan tempat untuk pernak-pernik anda seperti botol air minum, atau botol bahan bakar, kantong samping akan sangat bermanfaat.

Lid
Sebagian besar ransel juga dilengkapi dengan penutup ruang utama yang dapat berfungsi pula sebagai penambah ruang isi ransel, di mana di bagian atasnya dilengkapi pula dengan tali pengikat yang dihubungkan dengan gesper di bagian belakang ransel.

Kantong Atas
Kantong atas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan beberapa perlengkapan yang paling sering digunakan, seperti kaos tangan, makanan kecil, topi dan lain-lain.

Rangka Dalam
Tidak seperti rangka luar, rangka dalam sebuah ransel mempunyai fungsi yang lebih baik karena lebih ramping dan makin mendekatkan ransel tersebut dengan punggung pemakai sehingga memperbaiki kestabilan dan kenyamanan. Pada umumnya rangka dalam ini dibuat dengan alumunium ataupun lembaran plastik yang ringan.

Fitur Lain
Dengan punggungan yang dapat diatur, tak hanya anda yang dapat menggunakan ransel tersebut, tetapi juga anggota keluarga atau teman-teman anda. Di samping itu, anda tetap dapat memendekkan punggungan itu tanpa merubah kapasitas ransel. Hanya saja pada punggungan yang bisa disetel biasanya mempunyai berat yang lebih dibanding ransel-ransel yang mempunyai punggungan yang tetap. Pengikat tambahan yang menempel di luar ransel, dapat berfungsi untuk berbagai keperluan, seperti untuk menaruh matras atau perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

Saat ini saya akan berbagi review tentang Tas Carrier Consina Alpinist 70+5 yang saya beli di CONSINA Jl. Kawi 39 – A1 Malang. Untuk kantong yang pas-pasan Carrier ini menjadi pilihan yg cocok dikarenakan harganya cukup bersahabat, apalagi untuk saya yang hanya tour guide. Dengan budget sebesar Rp 575.000 anda sudah bisa membawa Carrier 70+5 L yang harganya sangat terjangkau.

Saya sempat bingung waktu membeli Carrier apakah merk Consina, Avt**h, atau Ei**r atau bahkan R*i karena harganya tidak beda jauh dan sama-sama produk lokal. Meski juga merk Asing TheNorthF**e, D**ter sempat menghantui Dan akhirnya sayapun jatuh hati ke Carrier Consina Alpinist 70+5 ini dikarenakan memiliki,
– Sistem Bagian Belakang yang dapat disesuaikan dan nyaman pada tulang punggung
– 2 buah kompartemen utama
– 2 Buah kantong samping bertautan
– 2 buah tali pengikat yang dapat disesuaikan
– Bagian atas tas dapat disesuaikan sehingga nyaman untuk pergerakan kepala
– Lapisan cincin penutup bagian atas
– Kantong dalam pada bagian atas tas
– Dua buah bunga Rantai
– Tali kompartemen berkompresi rendah
– Tempat untuk menggantungkan Trekking Pool
– Gear putar pada tali Pinggang
– Loops gigi pada Hipbelt

Setelah membahas Keril, mari sekarang kita bahas apa saja isi (paling gede) di dalamnya..

Tenda Consina Magnum 4

IMG_20140808_060729

Tenda dengan model Geodesic Dome ini terbilang cukup nyaman, di bagi menjadi dua bagian, outer dan inner. Bagian luar tenda terbuat dari bahan polyster yang cukup untuk menahan tetesan air hujan apabila pasak di pasang secara benar, memiliki lubang ventilasi dengan penutup di bagian atasnya. Pintu yang dapat digulung dan menyisakan vestibule dengan panjang sekitar 80 cm cukup untuk masak masak ketika cuaca sedang tidak memungkinkan, frame fiber juga di kaitkan pada bagian ini. Inner tenda terbuat dari polyster breathtable dengan dua kantung di setiap sisi kanan dan kiri dekat pintu, ventilasi pada pintu dan pintu yang dapat di gulung ke samping, pada bagian atasnya juga terdapat tali pendek untuk menggantungkan lighting dalam tenda. Floor atau bagian bawah tenda terbuat dari terpal cukup untuk menahan rembesan air tetapi hari dilapisi alas agar tidak dingin. Bagian inner ini dipasang dengan cara menyangkutkan berberapa kaitan dengan outter tenda bagian dalam.

IMG_20140810_102031Sistem ini sangat berguna ketika pemasangan dikala hari hujan, karena kita dapat memasang bagian luar terlebih dahulu kemudian bagian dalam ketika sudah terlindung dari guyuran air hujan. Sehingga bagian dalam tidak basah dan tetep nyaman untuk disinggahi.

Tenda ini sangat nyaman dipakai ke medan dingin dan berangin karena rapat dan tidak terlalu pengap jika didalamnya, tetapi akan sangat panas jika dipakai di medan panas seperti pantai karena hanya ada satu jendela di atasnya..

Namun dari segi berat sekitar 3 kg, lumayan pas untuk tenda dengan frame fiber, harga yang terjangkau dan fitur yang memadahi juga menjadi daya tarik tenda keluaran consina yang satu ini.

DSC_3547

Tentang daya tahan dari hujan ataupun badai, pada dasarnya tenda yang punya dua bagian (inner dan outter) akan aman dari basah hujan maupun embun atau kondensasi. Jadi tenda jenis ini tidak terlalu memerlukan flysheet tambahan diatasnya. Prinsipnya jangan sampai bagian luar (outter) tenda menempel pada bagian dalamnya (inner). Beri jarak yang cukup misalnya lima jari atau sejengkal, agar kondensasi bagian luar yang pasti akan basah, tidak mengenai bagian dalam. Caranya? Cukup dengan bagian tengah sisi tenda luar di pasak sehingga sisi tenda tersebut tegang dan tidak mengenai inner tenda. Untuk memperkuat struktur dan daya tahan dari badai, tali pada sudut tenda bagian tengah dan ujung bagian bawah di pasak juga. Hal ini dapat menahan tenda dari hempasan angin dan juga memperkuat frame tenda sehingga tidak mudah patah di hempas badai.

Tali dibawah pada pintu bagian luar tenda berguna agar jarak bukaan pintu tetep terjaga. Tetapi terkadang membuat ribet. Kadang kadang tali ini nyerimpetin kaki, apalagi kondisi gelap dan orangnya tidak hati-hati. sebenarnya mudah mengatasi ini dengan lebih hati-hati ketika keluar masuk. Atau, tali webbing ini sedikit di benamkan ke tanah atau di pasak ketanah agar rata dan tidak mudah nyirempetin.

P1100233

Entah sudah berapa puluh kali Carrier Consina Alpinist 70+5 ini menemaniku mendaki, entah sudah berapa ratus orang yg sempat berbaring dan meninggalkan liurnya di Matras dan Tenda Consina Magnum 4 milikku..

Masih banyak Produk yang Kami percayakan pada Consina..
IMG_20150209_162025P1050514IMG_20141013_083031
Karen sesungguhnya hal ini kembali ke pilihan dan selera, tak ada paksaan untuk memilih produk dalam dan produk luar. dan juga jangan dipahami bahwa tulisan ini tak condong ke produk luar sama sekali. Saya percaya bahwa produk indonesia mampu bersaing dengan produk luar, namun di beberapa segi produk luar memang memiliki keunggulan dan itu memang harus benar-benar kita akui. Selamat memilih produk, jangan terpaku merk, terpakulah pada kualitas dan kenyamanan. Dan satu point lagi kawan-kawan Kami sudah membuktikannya. Bahkan bukan tidak mungkin kalian akan merubah kiblat peralatan outdoor kalian setelah membaca beberapa review dari kami #G4D4Adventure
Hehehehehe… 😀
#SalamLestari
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s