Gunung yang direkomendasikan bagi Pendaki Pemula

Banyak sekali gunung di Indonesia , ada ratusan gunung di Indonesia bahkan. Beberapa di antara gunung-gunung tersebut adalah gunung berapi. Tetapi bagi para pendaki, semua gunung menarik untuk didaki. Meski demikian, para pendaki pemula harus tahu diri. Jangan coba – coba langsung menjajal gunung yang memiliki lintasan sulit. Mereka bisa menjajal beberapa gunung yang lumayan “gampang” didaki jika baru pertama ingin merasakan nikmatnya mendaki gunung.

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Beberapa gunung yang “ramah” bagi pemula. Diantaranya Gunung Papandayan dan Gunung Gede Pangrango. Gunung Papandayan cukup “recommended” karena treknya mudah, tidak jauh dan tersedia sumber air.

Gunung Papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat, itu memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di gunung berapi yang memiliki ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk yang mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.
PAPANDAYAN EDELWEISS Hutan Mati di Gunung Papandayan
Selain itu, Gunung Gede Pangrango juga termasuk dalam kategori gunung yang direkomendasikan bagi pendaki pemula. Naik dari Cibodas, Jawa Barat, trek yang dilewati cukup landai. Tak hanya keindahan alamnya yang menakjubkan, di gunung ini terdapat sumber air seperti air panas, air terjun Cibereum, telaga biru dan alun – alun Cibodas. Ada juga alun – alun Surya Kencana di Gede dan Mandalawangi di Pangrango.
TNGP

mandalawangi2


Meski dianggap mudah, agar pendaki pemula tak pernah menganggap remeh sebuah gunung. Banyak hal yang harus disiapkan sebelum memulai pendakian seperti perlengkapan, logistik. Tetapi yang paling penting bagi pemula adalah tahu kondisi medan, cari info di internet. Jangan sampai buta beneran soal gunung yang akan didaki.

Meski pemula tetap ingat Safety Procedure yah..

“Tinggalkan jejak kakimu, bukan yang lain. Bawa pulang foto/gambar jangan yang lain..”

#G4D4Adventure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s