Saat Ranu Kumbolo Di Khianati Penipu Alam

Gunung Semeru terkait erat dengan Ranu Kumbolo, sebuah danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan terletak diantara jalur pendakian menuju puncak Mahameru yang melegenda. Ranu Kumbolo mempunyai air yang bersih dan jernih sehingga banyak di gunakan sebagai lokasi beristirahat bagi banyak pendaki Semeru.

 ???????????????????????????????

Malam itu, sendiri ku melihat langit yang di hiasi kilauan beribu – ribu bintang di atas Danau Ranu Kumbolo. Ditemani indahnya bintang dan dinginnya malam Ranu Kumbolo. Cahaya Matahari pagi mengintip di antara dua bukit, dengan malunya sedikit demi sedikit keluar dari sangkar. Hawa dingin Gunung Semeru terhapus sinar cerahnya.??????????????????????????????? P1110636

 

Berbagai sensasi akan di rasakan para pendaki saat di Ranu Kumbolo Tertiup angin pagi di ketinggian 2400 mdpl. Kabut putih menyelimuti permukaan Ranu Kumbolo, seakan menghangatkan suasana dingin di pagi hari Gunung Semeru.

20140801_063842???????????????????????????????

Mata seakan rugi untuk berkedip, kilatan blits dari kamera para pendaki Gunung Semeru membuat Ranu Kumbolo menjadi selayaknya artis pada saat itu.

Sebuah Keagungan Tuhan tersirat dalam setiap detiknya. Karya Seni Sang Maha Pencipta dan Sang Pemilik Mayapada dengan komponen utama Alam, di iringi indahnya kicau burung di pagi hari, pepohonan hijau sebagai pemanis, permukaan danau Ranu Kumbolo seakan lembaran cermin besar yang di gelar asri. Ditambah udara segar Gunung Semeru yang tak mungkin kita dapatkan di kota.

 Camera 360P1110623

Tetapi, semua hal menyenangkan itu akan hilang dalam sekejap, karya Agung Sang Maha Pencipta yang mengiringi pagi para pendaki Gunung Semeru akan mengungkap sebuah kenyataan pahit.

P1100244

Perlahan – lahan sampah – sampah akan terlihat jelas tercecer di hamparan sabana. Tumpukan arang kayu bakar merusak keindahan rumput Ranu Kumbolo. Botol – botol dan bungkus plastik makanan instan, adalah sebuah tiket yang dibayarkan para pendaki saat pertunjukan Karya seni Sang Pemilik Mayapada tadi usai.

13868166881513522782 sampah Ranu Kumbolo sampah


Dengan tak bertanggung jawab para pendaki pun meninggalkan keindahan Ranu Kumbolo seakan tak peduli. Dengan kamera yang berisi gambar dirimu, mereka pergi menuju Mahameru.

Ranu Kumbolo, semoga kau tetap bertahan seperti ini, sehingga anak cucu kami bisa menyapa engkau di suatu pagi seperti ini. Tetaplah bertahan walau setiap hari kau di khianati para Penipu alam..

P1100266

 

*) Satu hal lagi yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat ini..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita nanti, biarkan mereka juga menikmati Paradays in Indonesia kelak..

IMG_20150215_102341

#G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

One thought on “Saat Ranu Kumbolo Di Khianati Penipu Alam

Leave a comment