Menikmati Pesona Bromo bersama G4D4Adventure – Stop Dreaming Start Traveling

019834880_n

Indonesia memiliki berbagai macam wisata mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata budaya hingga wisata keagamaan. Salah satu wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah gunung Bromo.

Gunung Bromo merupakan gunung api aktif yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan masuk ke dalam empat teritori  pemerintah daerah, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

IMG_20170601_055827_HDR-01IMG_1737-01971689984_n

Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut. Meskipun gunung Bromo tidak setinggi gunung api lainnya namun Bromo memiliki pemandangan yang sangat mempesona dan mampu menghipnotis para wisatawan untuk berkunjung ke gunung ini.

Gunung Bromo menawarkan pemandangan sunrise  yang sangat indah dari puncak penanjakan. lokasi dari puncak penanjakan ini berada di sebelah barat gunung Bromo dan merupakan puncak tertinggi di sebelah barat Bromo. Selain menikmati Sunrise di puncak penanjakan, wisatawan juga dapat menikmati objek wisata lainnya seperti Kawah Bromo. Wisatawan dapat mengunakan kuda atau berjalan kaki untuk dapat menikmati kawah tersebut. Destinasi wisata selanjutnya  yang dapat wisatawan kunjungi adalah Padang Savana atau yang dikenal dengan Bukit Teletubbies.

IMG_1737_1487080145424IMG_1733-01IMG_1682DCIM102MEDIADCIM102MEDIA

Bukit ini berada di sebelah timur gunung Bromo, tepatnya di Kawasan Jemplang. Untuk berkunjung ke lokasi ini biasanya jeep sudah menawarkan paket kunjungan lengkap di sekitar kawasan gunung Bromo, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah berkeliling kawasan bukit Teletubbies. Setelah itu wisatawan juga dapat mengunjungi Pasir Berbisik, mengapa dinamakan Pasir Berbisik? Karena adanya suara isik-isik yang ditimbulkan oleh tiupan angin yang menerpa  permukaan pasir halus yang bergelombang.

IMG_1787IMG_2198DCIM102MEDIAIMG_20170601_095131-01IMG_20170601_094335-01received_1930027140589196-01IMG_1699

Selain dapat menikmati wisata alam, Bromo juga menawarkan wisata budaya dan wisata keagamaan yaitu Pura Poten. Pura ini merupakan pusat ibadah bagi Suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu dan sebagai lokasi acara adat seperti perayaan upacara Kasada Bromo. Kasada Bromo merupakan wujud persembahan kepada sang Hyang Widhi yang bertujuan untuk memperoleh berkah, menjauhkan malapetaka, dan wujud syukur atas karunia yang di berikan Tuhan. Biasanya upacara ini diadakan setiap bulan kasada hari ke- 14 pada penanggalan Jawa. Pelaksanaan upacara Kasada tentu sangat dinantikan oleh wisatawan yang datang untuk tour travel Bromo..

 

665627136_n

🙈🙈🙈🙈

📣
Ke BROMO takut Mahal?
Nih ada paket Hemat dari

TOUR BROMO SUNRISE 🌄 .
Pilihan Titik temu:
🔄 Titiktemu 1 : Kota Malang, Desa Tumpang
🔄 Titiktemu 2 : Kota Batu, Surabaya/ Bandara Juanda (Dikenakan Biaya Tambahan)

Fasilitas:
Private Trip=Privasi terjaga, tidak digabung peserta lain, waktu lebih bebas, lebih nyaman, barang bawaan lebih aman. Harga bahkan lebih murah dari Open trip
Transportasi PP dari Titik temu (Bbm + Sopir)
Jeep Bromo.
Tiket masuk wisata.
Driver guide.
Free parkir.
Masker Anti Debu
Bebas naik dan foto diatas atap Jeep, rasakan sensasinya naik diatas atap.
Rundown Interary bebas dilapangan.
First Aid Kit / P3k.
.
Destinasi Terlengkap:
1⃣ View Point sunrise: Penanjakan 1/2/3, Semua memiliki khas view tersendiri (Opsional)
2⃣ Love Hill (Bukit Cinta)
3⃣ Perbukitan Widodaren
4⃣ Bromo Kawah🔸Pura Poten🔹G.Batok
5⃣ Pasirberbisik🔹 Watu Singo
6⃣ Savana🔸Bukit Teletubbies
7⃣ Pohon jodoh / Akasia

Harga Paket Private Trip:
Rp 300.000/Orang (Jumlah 6 pax)
Rp.350.000/Orang (Jumlah 5 pax)
Rp 450.000/Orang (Jumlah 4 pax)
Rp.550.000/Orang (Jumlah 3 pax)
Rp 800.000/Orang (Jumlah 2 pax)

 

CONTACT RESERVASI :
FAJAR ACHMADI
Call / WhatsApp : +6282245923265
instagram : @fajar_achmadi & @g4d4adventure

#g4d4adventure Jagonya TOUR HEMAT..

FASILITAS LENGKAP Harga BERSAHABAT..

Stop Dreaming Start Traveling
Sampai ketemu Di Explore Bromo ya..

Simponi Hari Tua para Backpacker

webanner-blogger-new-corp-webBerawal dari sini, ketika aku berada di perjalan pulang dari Probolinggo menuju Malang, bersama mas Acong. Kalau biasanya aku menikmati meronanya langit senja di sepanjang jalanan, dan hamparan jurang menganga yang exsotik, namun hari itu ada yang lebih menarik perhatianku ketika melintasi persimpangan jalan raya sebelum masuk kota probolinggo. Diseberang jalan, terdapat kemacetan disebabkan karena seorang pria tua yang meminta-minta ke pengendara motor dan mobil ketika berhenti menunggu lampu merah, karena kakinya pincang lantas terjadilah kemacetan yang agak parah, karena beliau susah untuk menepi ke pinggir jalan. Karena merasa iba, akhirnya mas acong berputar arah untuk memberi kakek itu uang.  Badannya kurus kering, pakaiannya pun sudah lusuh, beliau tidak memakai alas kaki, padahal kaki kanannya penuh luka, entah itu karena apa..
Dari kejadian tersebut, Mas acong memberikan aku sebuah nasehat yang membuatku langsung terinspirasi untuk menulis artikel ini.


“Makanya uang itu ditabung dari sekarang, jangan dibuat belanja barang yang gak berguna buat masa depan kamu. Kamu ga mau kan, kalo udah tua nanti jadi kaya kakek itu tadi?” Aduhai, how gorgeous he is?😀

Dari nasehat mas acong itu aku mulai memikirkan jika mungkin suatu hari nanti, kesehatan kita makin renta, suatu hari nanti nanti paru-paru kita akan kelelahan bekerja di udara dingin karena kebiasaan merokok di masa remaja, atau mungkin suatu hari nanti rambut kita rontok dan memutih bukan karena keseringan mengganti produk perawatan rambut, namun karena usia kita kian bertambah.

Dari sini aku mendapatkan sebuah kesimpulan, bahwa kesehatan diri kita itu adalah yang terpenting, cintailah diri kita dengan tulus karna ini merupakan kunci kita untuk meraih kesuksesan dimasa depan. Tubuh yang sehat juga mempengaruhi hasil kerja kita nanti. Tidak ada ruginya kan jka kita menyisihkan uang untuk kesehatan kita ?

Dan andai kita mendapat musibah saat kita sedang bertraveling ria, baik itu saat membawa keluarga atau pun hanya sekedar solo backpacker.. seperti : kecelakaan atau terserang penyakit yang kita sendiri juga tidak akan mengetahui kapan musibah itu akan datang, kita gak usah bingung lagi kalau kita harus berobat mahal sampai harus rujuk keluar negeri guys,  kita gak bakalan kesulitan mencari dana, karna kita telah memiliki TABUNGAN yang memang kita sisihkan sejak belia. So, kesehatan kita pasti terjamin nantinya.

Anganku seakan terbang kala itu, memikirkan hal yg jauuuuuh..
iya jauh sebelum mas acong menasehatiku, aku pernah dan sempat mendapati pelajaran yang sama persis dengan kejadian ini..

  • Kawah Ijen – Bondowoso
  • Lupa Waktu dan Tanggal pastinya, ingatnya cuma Oktober 2014

dsc_3928dsc_3931dsc_3947

dsc_3941dsc_3909

“Bukan berarti kalau bapaknya cuma seorang penambang belerang, anaknya tidak bisa jadi dokter!”

Speechless, ketika mendengar perkataan Pak Kabul, penambang belerang gunung ijen yang sedang bertelepon dengan putrinya. Menurut cerita Pak Kabul, putrinya yang kebetulan seumuran dengan aku akan mendaftar kuliah di bidang Ilmu Kedokteran, namun ia takut tidak mampu membayar biaya kuliah yang mahal.

Benar saja jika putri Pak Kabul berfikiran demikian, karena selama ini hanya beliau sendirilah yang mencari nafkah untuk ke tiga anaknya. Hari itu pak kabul sedikit curcol ke aku, kalau dia sudah mempersiapkan uang untuk sekolah anak-anaknya selama bertahun-bertahun bekerja sebagai penambang mutiara kuning (belerang).

dsc_3945dsc_3944

“Iniloh mas, aku ini udah nyelengin duit dari dulu, aku buka tabungan, biar uangnya gak bisa di ambil-ambil, jadi nanti bisa dibuat biaya sekolah anak-anakku” kata Pak Kabul.. \(^o^)/
“Walaupun saya ini cuma penambang belerang, saya pingin anak saya ga bisa kaya mas Fajar yang bisa kuliah. Saya gak mau mas, nasib keluarga saya gini-gini terus, kan enak kalo si Ima (Putri beliau) nanti lulus kuliah terus kerja jadi bisa cari uang buat benerin rumah, sama nyekolahin adik-adiknya”

 

Awesome!! Aku banyak dapet pelajaran berharga dari kejadian ini, pastinya tentang pendidikan. Iya benar banget yang di katakan oleh Pak Kabul, Pendidikan itu merupakan Elevator Sosial, artinya lembaga pendidikan dapat mengantarkan kita ke status yang lebih baik. Seperti kasus yang dialami Beliau, walaupun ia hanya seorang penambang yang hanya mendapatkan pendidikan sampai SD dia tidak mau anaknya mendapatkan pendidikan hanya sampai jenjang SMA, walaupun kondisi ekonominya terbatas, namun beliau telah mempersiapkan biaya pendidikan anak-anaknya sedari dulu, melalui tabungan. Jadi kini dia tidak khawatir tentang biaya sekolah anaknya.

Sudah 25 tahun lebih saya tinggal di Tumpang, kecamatan yang berada di kabupaten malang. Dan terkenal sampai manca negara karena pesona sunrise Gunung Bromo dan Semerunya Negeri tercinta Indonesia Raya. Siapa yang gak tau gimana monotonnya kecamatan Tumpang? Beruntung deh kalian yang berdomisili di kota besar, dengan segala kemewahannya.  Cukup saya aja yang merasakan bagaimana bingungnya pas lagi weekend disini. Susah banget bagi yang gila barang outdoor seperti aku, pengen belanja peralatan outdoor Pengen Selfie ama burger, pizza, ato es kopi vietnam ala jessica aja harus pergi plesir keluar kota dulu.

 

Wake up Jar! Kamu harus segera kabur dari kotamu.

Ya, selama ini aku hanya bisa melamun, memikirkan bagaimana bahagianya diriku, pergi jalan-jalan ke Nepal dengan pesona Everest yang terkenal itu, berjemur di bawah sinar matahari di Pulau Hawaii yang sexy, berkunjung ke Kilimanjaro – Afrika, atau Wisata religi di Tanah Suci.

Hahaahaha😀selama ini aku hanya bisa menikmati keindahan negara-negara tersebut melalui google :’). Ya, selama ini aku hanya bisa menikmati  keindahan negeri impianku melalui gambar yang aku searching di google :’D lalu tersadar kalau ternyata Tumpang hanyalah kecamatan kecil, tempat membosankan yang bahkan warung kopi aja tutup jam 09.00 malam :’3

annapurnahillarystep2

Masa muda adalah masa yang paling seru, paling indah, dan penuh dengan kisah. Aku sangat menikmati masa mudaku seperti sekarang  ini. Selagi masih muda gini, aku mengajak kalian menabung biar hidup kalian cerah dimasa depan guys.

#YukAturUangmu guys, intinya jangan boros.. Belilah Alat-alat penunjang kegiatan outdoor dan backpacker yang bener-bener kalian butuhin, dan pastinya Wajib DISKON.. Pilih kendaraan atau akomodasi yg terjangkau saat kalian traveling, cari penginapan atau hotel yang Murah tapi nyaman.kalo bisa sih numpang di Rumah temen aja.. hehehehehe..

Satu lagi..
Kalo urusan perut, usahakan cari yg bikin kenyang jangan demi gengsi dan foto selfie kalian nyari makannya di tempat yang WAH alias Restoran Mewah dan Cafe yang harga makanan dan Minumannya Mehong!!

Menyisihkan serta mengambil 5% dari gaji & upah yang aku peroleh setiap bulan secara rutin (kalo dapet tamu ya 20%nya disisihin juga).. Kalo pas beli perintilan outdoor pastinya nyari yang lagi diskon merupakan caraku untuk memulai langkah ini..
Langkah yang bertujuan untuk menyempurnakan koleksi perintilan outdoor dan impian semua pria.. impian pria???
yupsss.. MENIKAH guys.. emang kalian mau jadi bujang lapuk??
hihihihihihi..😀😀

Bisa dibayangin kan kalau kita nabung dari usia belia, pasti keuntungan yang di dapatkan banyak bangeet!!!😀
Tetapi selain menabung kita sebagai backpacker juga perlu sesuatu yang melindungi diri sepenuhnya..

dsc_3541dsc_3549

Sepenuhnya bagaimana coba??
Gini lho guys, sebagai traveler atau backpacker yang doyan keluyuran (bukan bang toyib)
kita harus keselamatan diri sendiri serta keluarga dan wajib punya yang namanya Asuransi perjalanan..

Kenapa Asuransi Perjalanan??

Asuransi Travel Domestic Simasnet memiliki jaminan seperti :

  • Kecelakaan DiriMemberikan jaminan keuangan jika terjadi kematian ataupun cacat tetap akibat kecelakaan selama dalam perjalanan.
  • Biaya Perawatan Medis Akibat KecelakaanMembayar biaya medis atas rawat inap di Rumah Sakit akibat dari kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.
  • Biaya Repatriasi (Pengembalian Jenazah)Mengganti biaya pengembalian jenazah ke kota domisili Tertanggung apabila Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan dalam perjalanan.
  • Keterlambatan BagasiMengganti biaya-biaya pembelian darurat untuk pakaian dan peralatan mandi atau kosmetik ketika berada di kota tujuan karena bagasi terlambat 6 jam akibat salah pengantaran.

So, yuk bagi kalian yang masih muda, yuk kita pesiapkan masa depan kita mulai sekarang dengan menabung dan bagi kalian para petualang jangan lupa melindungi diri kalian dengan Asuransi. Pastinya asuransi yang jelas ya teman-teman.

img_7951img_2930img_7905img_1662

img_3578img_3367

Masa sih kita mau kalah dengan Pak Kabul? Gak malu apa?? :p

Semoga dari cerita ini, kalian memiliki banyak pengetahuan tentang pentingnya mengatur uang dan mempersiapkan masa depan sejak muda. Salah satunya adalah mengenai kesehatan, pendidikan, dan juga kesenangan.😀 Ayo, bagi kalian yang ingin menemani aku travelling keluar negeri suatu hari nanti, mulai sekarang #YukAturUangmu dan #SMiLeWithME 😀

Atau mungkin kita bisa bermimpi untuk membangun rumah impian, rumah impian bagaimana???
Menikah dan membangun Rumah Tangga seperti yang saya impikan ini :3. Karena dari rumah-tanggalah kehidupan lahir🙂 dan kita tak perlu susah berfikir tentang budget Foto Prewedd, Sewa Gedung, Dekorasi, PhotoBooth, Katering bahkan Sewa Mobil pengantin, karena kita telah memiliki tabunga. hihihihi..

 

“Suatu hari nanti, di taman rumah kita. kita akan menikmati teh di sebuah teras mengenang bagaimana susahnya membuat aku dan kamu menjadi sebuah kita. Bercerita dengan bangga kepada anak-cucu, tentang sebuah perjuangan,   tentang sebuah kesabaran, ketekunan dan sebuah cinta yang melahirkan mereka.

 

 

img_7575

img_7554

Suatu hari nanti. Kita tidak akan merasa kesepian ketika usia kita kian bertambah, karena Tabungan, Asuransi dan Istri adalah teman hidup kita untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita..
hihihihihi..

#YukAturUangmu dan #SMiLeWithME 😀 😀😀 😀 😀

 

-FA-

webanner-blogger-new-corp-web

 

 

Wisata Bromo Bersama G4D4 Adventure

Gunung Bromo | Siapa yang tidak mengenal keelokan tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada sendiri berada di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian 2392 m dpl memang sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya, dengan didukung oleh beberapa tempat wisata yang ada di sekitarnya menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata yang unik dan asik. Wisata Gunung Bromo sendiri banyak dibilang oleh banyak kalangan sebagai Iconnya Jawa Timur, memang secara fisik gunung ini tidaklah sebesar gunung – gunung lain di Jawa Timur, seperti gunung Semeru, gunung Argopuro, gunung Arjuno dan gunung – gunung lainya, tetapi pesonanya yang indah sudah menggema tidak hanya di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) dan nama Gunung Bromo sendiri konon berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dari Dewa menurut keyakinan agama Hindu.  Agama Hindu sendiri adalah keyakinan yang banyak dianut oleh masyarakat sekitar tempat wisata di Jawa Timur ini. Penduduk sekitar gunung Bromo banyak dikenal dengan nama suku Tengger yaitu suku dari ras suku Jawa yang merupakan keturunan dari kerajaan Majapahit.

img_6232

Untuk menikmati pemandangan dari gunung Bromo sendiri biasanya para wisatawan akan menuju ke View Point terlebih dahulu, View Point merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melihat matahari terbit dan keindahan gunung Bromo dari ketinggian. Ada lima tempat yang bisa di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit, diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. tetapi untuk Puncak B29 tempatnya agak jauh dari keempat view point yang lainya, dan tempat ini merupakan tempat yang baru dikembangkan untuk dijadikan view point.

Sejarah Gunung Bromo

Sejarah gunung Bromo tidak pernah lepas dengan cerita legenda dari Joko Seger dan Roro Anteng, cerita ini berkembang turun – temurun sampai sekarang. konon legenda ini merupakan legenda terbentuknya kawah gunung Bromo, gunung Batok dan lautan pasir yang ada di sekitar kaldera Bromo, sejarah singkatnya adalah sebagai berikut.

Pada jaman dahulu, disaat kerajaan Majapahit mengalami gejolak karena adanya banyak serangan yang mengancam kerajaan, penduduk majapahit kebingungan untuk mencari tempat yang aman. ditengah jalan akhirnya mereka berpencar menjadi dua kelompok, yang satu ke penggunungan disekitar Bromo dengan pemimpin rombongan adalah Raja dan Permaisuri dan yang satunya ke Pulau Bali.

Setelah beberapa dekade penduduk yang tinggal di kawasan Bromo mulai bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, sampai akhirnya lahirlah seorang bayi dari pasangan Raja dan Permaisuri yang diberi nama Roro Anteng. dan tak jauh dari tempat sang Raja dan Permaisuri tinggal juga lahir seorang bayi laki – laki dari keturunan Brahmana yang diberi nama Joko Seger.

Setelah mereka tumbuh dewasa, kedua anak tadi saling jatuh cinta, tetapi dalam perjalanan kisah cinta mereka ada seorang raksasa yang mencoba untuk memisahkan mereka berdua, dengan cara melamar Roro Anteng dengan cara paksa, tetapi Roro Anteng tidak bersedia dan menolak dengan cara halus, yaitu dengan meminta syarat untuk membuatkan sebuah danau di atas Gunung Bromo dengan waktu hanya satu malam. Syarat tadi diterima dan pada proses pengerjaan danau tersebut sudah hampir selesai, Raksasa tadi digagalkan dengan tipu muslihat Roro Anteng. Raksasa tadi mengamuk dan melemparkan batok kelapa yang digunakan untuk menggalih danau tadi. dan konon batok kelapa tadi membesar sehingga membentuk gunung Batok, sementara danau tadi berubah menjadi sebuah kawah gunung.

Itulah legenda singkat mengenai asal muasal terbentuknya Gunung Bromo yang merupakan icon wisata di Jawa Timur.

Rute Perjalanan Ke Wisata Gunung Bromo

Untuk dapat sampai dan menikmati keindahan gunung Bromo wisatawan dapat memilih beberapa jalur transportasi yang ada. kawasan wisata ini memang sangat mudah untuk dijangkau, apabila Anda berasal dari luar Jawa Timur, Anda bisa transit dulu di Surabaya bisa di Bandara atau Stasiun Kereta Api. kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju rute atau jalur dibawah ini. adapun jalur yang bisa dilewati untuk ke gunung Bromo adalah sebagai berikut :

img_1168

img_1173

img_2930img_2045

dscn0225

1. Jalur dari Kabupaten Lumajang

Apabila Anda melewati jalur dari kabupaten Lumajang, Anda bisa menempuhnya perjalanan dari kota Lumajang menuju kecamatan senduro, dari sini Anda bisa meneruskan perjalanan menuju desa Ranu Pane, dan kemudian melewati bukit menuju ke kawasan wisata Bromo lewat kawasan Jemplang. apabila sampai di Jemplang Anda sudah bisa melihat pemandangan gunung Bromo dari kejauhan.

2. Jalur dari Malang

Untuk jalur yang melawati Malang, Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang – Kab. Malang, dari sini perjalanan Anda akan diteruskan ke desa Bulak Klakah, dan akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian dilanjutkan melewati padang savana gunung Bromo

3. Jalur dari Pasuruan

Jalur Pasuruan adalah jalur ketiga yang bisa dilalui apabila Anda akan mengunjungi gunung Bromo, Perjalanan Anda bisa dimulai dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, dari sini Anda dapat melanjutkan ke kecamatan Warung Dowo dan kemudian ke kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari, Anda terus menuju ke desa Wonokitri. kemudian dilanjutkan ke Penanjakan Gunung Bromo

4. Jalur dari Probolinggo

Jalur Probolinggo sendiri merupakan jalur utama ke kawasan Tempat Wisata di Jawa Timur ini, jalur ini merupakan jalur favorit para wisatawan, Anda akan bisa menikmati keindahan alam selama perjalanan ke gunung Bromo. apabila Anda memilih untuk melewati jalur Probolinggo, dari Surabaya perjalanan Anda akan diteruskan ke kabupaten Pasuruan, menyusuri jalan pantura kemudian masuk kabupaten Probolinggo. kemudia Anda akan menemukan pertigaan kecamatan Tongas dan dilanjutkan menuju kecamatan Lumbang, bagi anda yang masih mempunyai waktu serta ingin mengunjugi tempat wisata lain, disini Anda bisa mampir ke tempat wisata Air Terjun Madakaipura.

Setelah sampai di kecamatan Lumbang, perjalanan Anda diteruskan menuju kecamatan Sukapura kemudian mengikuti jalan menuju ke desa Cemoro Lawang dan disinilah pintu utama untuk masuk ke kawasan gunung Bromo.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Gunung Bromo

Destinasi wisata yang ada di gunung Bromo kebanyakan adalah wisata alam pegunungan, ada beberapa tempat wisata yang akan membuat Anda terpesona dengan keindahan alam Bromo, bisanya para wisatawan yang datang untuk berwisata ke gunung Bromo akan memulai tour mereka pada malam dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dengan menggunakan sarana transportasi Jeep Hardtop atau Motor. kenapa demikian ? karena apabila Anda memulai tour pada jam – jam itu, Anda akan dapat menyaksikan keindahan Sun Rise  dari puncak bukit. adapun tempat dan kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata di Jawa Timur ini adalah sebagai berikut :

1. View Point

Seperti yang telah kita ulas sebelumnya bahwasanya View Point merupakan tempat yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo dari ketinggian, selain itu wisatawan juga bisa melihat matahari terbit saat pagi hari. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi yaitu Pananjakan, Seruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong dan Puncak B29 Bromo.

bromo-6.jpg

img_6768

img_6234

2. Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo merupakan destinasi kedua yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang ke gunung Bromo, kawah yang memiliki garis tengah ± 800 meter sangatlah unik, untuk dapat mengunjungi kawah gunung Bromo wisatawan biasanya melakukanya dengan menaiki kuda atau berjalan kaki, dan kemudian dilanjutkan dengan menaiki tangga dengan anak tangga berjumlah 250. pemandangan dipuncak kawah Bromo memang sangat elok, dengan dihiasai pemandangan pegunungan tengger dan gunung Batok yang membentuk garis – garis terjal yang ada disamping kawah gunung Bromo.

wisata-bromo.jpg

img_8248img_8253

img_83691wisata-gunung-bromo-jawa-timurimg_3007img_1770img_1779dscn0215img_1754dscn0164img_1743img_1662img_1689img_1705img_1693img_8364

 img_1925img_1762img_1705img_1729img_1733img_1734img_1691img_1738img_1737tour-bromo-indonesiaberkoda

3. Padang Savana ( Bukit Teletubbies )

Padang savana merupakan sebuah hamparan rumput yang sangat luas dengan luas sekitar 10 Km persegi, tempat ini disebut juga bukit Teletubbies, sausana yang nyaman dan sejuk akan Anda rasakan apabila mengunjungi tempat ini, letak dari wisata ini berada di selatan kawah gunung  Bromo, tepatnya di kawasan jemplang. Anda akan menemukan keunikan dari gunung Bromo apabila mengunjungi tempat ini.

img_8263img_8265img_8271img_8275img_8276

img_2058img_2081img_2198img_2117

img_2122img_2148

img_2154

img_2154img_2163img_2189img_2191img_2169img_2165

savannavee

4. Lautan Pasir ( Pasir Berbisik )

Tempat yang satu ini juga merupakan tempat favorit bagi wisatawan yang mengunjungi gunung Bromo, hamparan pasir yang terbentang luas membentuk lukisan garis – garis yang elok. Anda akan bisa merasakan suara bisikan apabila mendekatkan telinga Anda ke dekat pasir. tempat ini juga pernah dijadikan lokasi shooting film Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo.

dscn0227

 

Tips Berwisata Ke Wisata Gunung Bromo

Untuk menikmati keindahan gunung Bromo memang butuh persiapan sebelumnya, untuk itu kali ini twisata akan membagikan tips untuk berwisata ke gunung Bromo, agar nantinya wisata Anda dapat berjalan menyenangkan. Adapun tips untuk berwisata ke Gunung Bromo adalah sebagai berikut :

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini membutuhkan ketepatan waktu dan sesuaikan dengan rencana Anda, apabila Anda mengunjungi Bromo pada waktu musim kemarau, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dengan sangat sempurna, tetapi kondisi pemandangan dari padang savana yang kurang begitu bagus, hal ini disebabkan rumput – rumput di padang savana yang mengering. Dan apabila Anda berkunjung pada musim penghujan, Anda akan kehilangan pemandangan Sunrise, tetapi keindahan padang savana yang menghijau akan dapat Anda nikmati dengan sempurna. jadi Anda dapat memprioritaskan kondisi yang bagaimana yang Anda inginkan untuk berwisata ke gunung Bromo..

2. Jagalah Kondisi Fisik

Kondisi fisik juga harus dipersiapkan dengan baik, hal ini dikarenakan suhu cuaca di gunung Bromo yang sangat dingin, jangan sampai pada saat Anda sedang asik berwisata di Bromo, kondisi fisik Anda menurun,  sehingga dapat mengurangi keceriaan Anda menikmati keindahan Bromo.

3. Persiapkan Perlengkapan Pribadi

Sebelum Anda berangkat berwisata ke tempat wisata di Jawa Timur ini, ada baiknya Anda mempersiapkan perlengkapan – perlengkapan pribadi seperti jaket, kaos tangan, kaos kaki dan masker. tetapi bagi anda yang tidak sempat menyiapkanya, didaerah sekitar Bromo banyak sekali penjual dan penyewaan perlengkapan – perlengkapan yang disebutkan. Dan jangan lupa juga untuk menyiapkan perlengkapan pendukung seperti kamere atau video shooting tripot dan juga makanan ringan.

4. Pesanlah Akomodasi Jauh – Jauh Hari

Dengan Anda memesan akomodasi jauh – jauh hari, Anda tidak akan kebingungan lagi pada waktu hari H nya, apalagi pada musim liburan, kebanyakan akomodasi dan penginapan yang tersedia sudah terbooking, dan kalaupun ada harganya akan lebih mahal.

Itulah ulasan mengenai Wisata Gunung Bromo semoga ulasan tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang akan mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur ini.

 

Salam lestari, Kami dari G4D4 ADVENTURE Tour n Guide ingin mengajak agan-agan yang ingin merasakan indahnya Gn. Bromo

PERSYARATAN
-Peserta sehat rohani dan Jasmani

PEMESANAN
Pemesanan paket pendakian paling lambat H-10 dengan uang muka 50% di transfer melalui rekening BRI

INFO
Ring me : +62 82245923265
Ping me :  54239032
[Fajar Achmadi]
e-mail : g4d4adventure@gmail.com

CJXVqiXUYAEZUzC.jpg

 

 

Sehatkah Air di Ranu Kumbolo (Semeru)??

IMG_1463.JPG

p1100266.jpg

P E N T I N G  B U A T  P A R A  P E N D A K I
Jalur pendakian ke Gunung Semeru yang resmi dan wajib dipatuhi oleh semua pendaki adalah : Ranupani – Ranu Kumbolo – Tanjakan Cinta – Oro Oro Ombo – Cemoro Kandang – Blok Jambangan – Kalimati pergi – pulang. Semua pendaki DILARANG KERAS untuk mendaki DI LUAR JALUR PENDAKIAN YANG RESMI tersebut.

Kalaupun ada jalur pendakian yang lainnya, itu adalah JALUR KHUSUS UNTUK EVAKUASI TIM SAR TNBTS dengan TIM SAR LAINNYA.

Lamanya perjalanan pendakian Gunung Semeru adalah :

1. Ranupani – Ranu Kumbolo akan memakan waktu  5 jam perjalanan normal.
2. Ranu Kumbolo – Puncak Tanjakan Cinta memakan waktu 15–60 menit.
3. Tanjakan Cinta – Oro Oro Ombo – Cemoro Kandang memakan waktu 30–60 menit.
4. Cemoro Kandang – Kalimati memakan waktu 1 – 2 jam perjalanan.

Estimasi waktu tersebut bisa bertambah, tergantung Selfie selama perjalanannya..
😀

img_8201

foto 1

img_8066

img_1839img_3362img_1875img_3476img_1924

 

img_8172

 

 

Penting untuk diketahui :

1. Dalam perjalanan pulang dari Kalimati hingga Ranupani, anda harus membawa air minum yg cukup (jangan terlalu sedikit), karena anda akan merasa selalu haus sekali..

IMG_8536.JPG

 

2. Kalau anda kekurangan atau kehabisan air, sebaiknya anda mengambil dan menambah persediaan air minum anda di mata air SUMBER MANI (antara Kalimati dengan Blok Jambangan). Air dari Sumber Mani tidak perlu dimasak dahulu, karena airnya sangat bersih dan belum tercemar, jadi bisa langsung diminum.

IMG_3381.JPG
3. Untuk saat ini tidak disarankan untuk meminum air dari Ranu Kumbolo langsung tanpa dimasak dahulu, karena khawatir airnya sudah tercemar oleh kegiatan pendakian massal yang merusak lingkungan di tahun 2012 kemarin.

Dalam perkembangannya ranu kumbolo semakin memprihatinkan. Konon ranu kumbolo bagaikan surganya pendaki mahameru, namun sekarang sudah tak lagi. Sepanjang perjalanan dari ranu pane sampai ranu kumbolo pasti kita menemukan banyak sampah, contohnya botol plastik, bungkus permen, tissue, putung rokok, dll. Paling ironis di sekitar danau ranu kumbolo banyak sekali ditemukan botol-botol plastik, tissue, dan tak kalah juga kotoran manusia. Salah melangkah dapat menimbulkan malapetaka bagi yang menginjaknya.

img_8082img_8083img_8087img_8089img_8091img_8100

IMG_1730.JPG

IMG_8008.JPG

Kalaupun mengambil air buat konsumsi, kita harus menjauh dari area perkemahan, dikarenakan air danau yang sudah mulai tercemar. mengelilingi danau kita harus hati-hati, jangan sampai keluar jalur, karena banyak ranjau (kotoran manusia) yang mengancam.

Di sekeliling danau malah banyak tissue-tisue bekas  buang air kecil atau buang air besar, dan bahkan banyak kotoran manusia juga.

Miris bukan jika melihat mereka yg SEENAKNYA mendirikan tenda di pinggir danau, memasak, gosok gigi, mandi, cuci piring, cuci baju, bahkan berwudhu..
Kenapa tidak dihiraukan himbauan dan wejangan para petugas & saver sebelum mereka berangkat (Briefing di Ranupani). Itulah kenapa saya sarankan untuk memasak terlebih dahulu Air danau sebelum kalian mengkonsumsinya..
Lakukan segala aktivitas yg mengancam kebersihan air danau (Minimal 5-10 meter dari tepian danau)

Timbun atau buatkan lobang untuk air yg telah kalian gunakan & terkontaminasi (gosok gigi, mandi, cuci piring, cuci baju, bahkan berwudhu) tersebut agar tidak langsung bercampur dengan air bersih di Ranu Kumbolo..

 

img_8006

Menurut Parnginoto jangke sanimbela sebutan terkenalnya pak ingot Petugas pengelola TNBTS “kebanyakan pengunjung mahameru bukan pecinta alam hanya ikut-ikutan, dan juga karena dampak film, rata-rata tidak betanggung jawab untuk alam. Dari pihak Taman Nasional pun tidak bosan-bosannya mengingatkan sampah harus dibawa turun”.

Air danau Kumbolo mungkin kelihatan tampak bersih. Tetapi jika dilihat lebih dekat, saat tanah danau sedikit ditekan dan airnya mulai beriak, maka minyak-minyak itu akan tampak jelas. Air yang berminyak tersebut merupakan salah satu indikator telah terjadi pencemaran air. Pencemaran air dapat diakibatkan karena seseorang mencuci langsung di danau sehingga air bekas cucian bercampur dengan air danau, melakukan aktifitas mandi (shampoan, gosok gigi, pakai sabun,dll.), dan membuang sampah plastik ke danau.

Memang, kebanyakan sampah botol dan bungkus plastik tidak dibuang sembarangan, tetapi bekas sobekan kecil plastik jajan, plastik segel botol dan sobekan plastik kecil yang lain sering tidak diindahkan, berserakan ditanah. Sampah tisu memang bisa terdegradasi tetapi kandungan klorine didalamnya juga berbahaya bagi lingkungan.

Sebenarnya pengelola TNBTS telah melarang aktifitas yang berpotensi mengotori danau dan kawasan sekitarnya. Dan diwajibkan bagi siapa pun untuk membawa turun kembali sampah sisa bungkus makanan yang mereka bawa. Meskipun begitu, masih sering dijumpai pendaki yang melakukan kebodohan tersebut.

Kebodohan pendaki tersebut akan merugikan ekosistem hayati lingkungan sekitar. Untuk itu, setiap pendaki, siapa pun yang berniat mendaki, selain harus memiliki fisik, mental, dan persiapan yang matang juga harus dibekali wawasan terhadap lingkungan. Agar turut serta menjaga kelestarian alam. Jika ditemukan ada seseorang melakukan hal seperti itu, tugas kita untuk mengingatkan. Jika ditemukan sampah berserakan, tugas kita untuk mengambilnya.

Animo masyarakat yang tinggi untuk berbondong-bondong mendaki gunung Semeru tentunya bagus meningkatkan potensi dan kesejahateraan masyarakat sekitar Gunung Semeru. Namun, pihak pengelola Kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) harus juga memperketat pengawasan terhadap keselamatan pendaki dan Lingkungan. Terbukti, Ranu Kumbolo mulai tercemar.

Anda termasuk pendaki yg seperti apa guys?? yang seenaknya saja atau yang masih mau menghargai Alam dan pendaki lainnya?

IMG_3392.JPG

* Satu hal lagi yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Segala macam bentuk Vandalisme..

Jangan pernah mengambil atau merusak apapun di tempat ini..

Biarkan semua tetap diam pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita nanti, biarkan mereka juga menikmati keindahan Gunung dan Tanah-tanah tinggi di Indonesia..

IMG_20150215_102341Photos by :

Yusi Ariyanti, Triyono F, Tantri S, Muchsin, & Fajar Achmadi

#G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

Pendaki, Penikmat atau Pecinta Alamkah ANDA??

P1100266

Selalu ada sudut – sudut Bumi yang teramat sensual bagi orang – orang yang katanya “anak alam” dan menyebut diri pecinta alam. Selalu ada kebanggaan, mengalahkan lelah dan ego diri. Itu bisa berupa puncak – puncak gunung yang menuding langit atau liang gua yang kelam, seperti ada makhluk menunggu kita di sana.


Atau tebing tegak lurus menawan seakan minta dijamah, jeram deras yang tak pernah bisa berkompromi. Makin bergejolak ia, makin bergairahlah kita menyusurinya. Atau angkasa yang tak bertepi? Samudera yang dalam?

Ah, banyak sekali sudut – sudut dan bentang alam yang indah menawan, betapa beruntungnya manusia. Selalu begitu, di setiap perjalanan, di setiap kelelahan, jeda menuju klimaks, di situlah letak rasa itu. Rasa yang… ah, sulit disimpulkan, tak ada kata yang dapat mewakili perasaan itu. Hanya ada gairah aneh saat energi itu kemudian akan menyusut lagi ditelan rutinitas kehidupan.

Begitu seterusnya, berulang – ulang. Foto – foto eksotis, cerita – cerita tentang heroisme, bahwa kita adalah sekumpulan manusia unik, berani, kuat perkasa dan tahu apa yang terbaik buat diri kita, berani menjadi beda.

Pada saatnya nanti alam kembali memanggil, berbisik dan terus mengganggu. Dan kita datang lagi, mencumbuinya lagi, terpuaskan lagi, pulang lagi. Seperti candu yang tak pernah selesai. Seegois itukah aku? Sesederhana itukah hidup? Kalau hanya sesederhana itu, maka sebutan yang paling tepat adalah penikmat alam! Bukan “pecinta alam”.

Sekelompok orang tampak begitu sumringah, meski denyut jantungnya belum kembali beraturan. Satu puncak lagi berhasil gapai, dengan keringat mungkin juga dengan air mata.

Foto – foto eksotik pun sudah digenggaman, siap untuk dipamerkan. Dengan lantang mereka bercerita, betapa tangguhnya mereka menaklukkan setiap jejak medan. Nafas yang memburu, otot yang melemah, kaki yang terus menanjak hanya cerita selingan diantara cerita – cerita indah mengenai pemandangan yang menakjubkan di atas sana.

Mereka yang tak pernah mengalaminya pun terperangah mendengar cerita itu. Perilaku itu pun turun menurun, seolah menjadi tradisi. Anggota lama bercerita kepada anggota baru. Anggota baru bercerita kepada mereka yang belum menjadi anggota. Bahwa pemandangan itu indah, bahwa pemandangan itu begitu eksotik.

Kita pun kembali datang menyapanya, turun kemudian kembali lagi menyapanya. Begitu seterusnya, hasrat itu terasa tak ingin berhenti.

Orang – orang yang penasaran akan cerita – cerita itu pun turut serta, seolah ingin membuktikan mereka berani, mereka beda, mereka unik, mereka perkasa. Apakah sesederhana itu? Bukankah hal itu berarti pendakian tak lebih dari hegemoni aktifitas rekreasi yang hanya berasa keindahan saja?

Tetapi untuk apa keindahan itu? Bila sang Bayu tak pernah dimengerti, sang embun tak pernah dipahami. Untuk apa embun menyelimuti punggung gunung, pernahkah kita bertanya akan hal ini? Kita mengaku pecinta alam, namun begitu tega menjilat tanah dengan api, meracuni air dengan sampah, menebas pohon untuk mendirikan tenda. Apakah ini adalah bentuk cinta? Mengapa tak kau sebut saja dirimu seorang penikmat?

P1100276 P1100352

*) Satu hal lagi yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat ini..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita nanti, biarkan mereka juga menikmati Gunung-gunung di Indonesia kelak..

IMG_20150215_102341

Photos by : Anton Gamaliel & Fajar Achmadi #G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

Solo Backpacker ke Solo dijamin Nyaman, Aman, Bahagia dan Anti Nyasar bersama DOcar.

DOcar Apakah itu? kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan Hewan (kuda) sebagai penggantinya? Bukan. Kita rewind dulu yuk. Kenapa tiba – tiba ada DOcar. Terus apa sih itu? Cewek kah? Kan kalau cewek bisa nyelamatin saya dari kejombloan. Ngarep banget sih jar!!.

Oke rewind lagi ke kisah awal saya bisa kenalan sama si dia. Iya si dia. Si DOcar. Cieeee. Cieee. Skip skip..

Makin penasaran kan? Oke tenang nanti juga tahu kok siapa DOcar ini. Santai cuy santai. Sekarang tarik nafas panjang dulu karena saya akan ajak kalian semua backpacker online dulu ke The Spirit of Java. Kota Solo memang layak disebut The Spirit of Java, wisata di kota ini memang ada banyak. Saya jamin gak kalah deh ama kota tetangganya Yogyakarta dan Semarang.

Jujur saja teman-teman, saya ini kagum dengan wisata Solo, tahun ini InshaAllah jika diberi kesempatan Bulan Oktober tahun ini saya akan solo backpacker lagi kesana. Tapi belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, saya sengaja mempersiapkan trip seorang diri kali ini dengan matang. Sewa mobil atau alat transportasi yang benar dan tepat sasaran saya percaya akan menjadi salah satu faktor pendukung suksesnya setiap Trip dan petualangku.

Tanpa kendaraan sewa, kelancaran Wisata Solo kali ini dapat dipastikan tidak selancar saya menata urutan tempat tujuan. Apalagi, saya termasuk orang yang tidak begitu lincah dalam naik turun kendaraan umum. Bukan maksud hati hendak mengatakan tidak suka naik angkutan umum, tapi sungguh saya bukan orang yang tangguh dan tegar di dalam angkot. Saya dijamin Mabuk kalau kelamaan di dalam angkot.

Menyewa mobil adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempermudah perjalanan saya.. Namun, beberapa problematika sering muncul ketika akan menyewa mobil. Perkara menyewa mobil terkadang memang menjadi tidak mudah karena butuh waktu dan tenaga ekstra untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Tak jarang harus rela untuk mengunjungi rental mobil dari satu tempat ke tempat lainnya. Belum lagi masalah harga sewa, harus membandingkan harga dari beberapa tempat rental untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget.

Terkadang pula saya tidak mengetahui kondisi mobil yang akan disewa. Bahkan juga tidak pernah mengetahui siapa pengemudi yang akan mengantarkan selama perjalanan. Semuanya harus dipikirkan secara matang agar mobil sewaan memenuhi kelayakan yang ada.

Suatu waktu saya pernah browsing asal-asalan sewa mobil di internet, lalu SMS untuk kesepakatan rental mobilnya. Eh, setelah transfer malah saya gak dijemput di bandara. Duh, amit-amit kejadian seperti ini lagi. Kapok dan bener-bener gak pengen terulang lagi kejadian seperti itu.

banner-ad-3.jpg
docar.png
Syukur Alhamdulillah, sejak awal bulan Juli lalu saya mendapat informasi dari seorang kawan bahwa kini sudah ada alternatif lain dalam hal sewa menyewa mobil. Yakni aplikasi DOcar. Lagi, teknologi komunikasi telah mempermudah kehidupan. Setelah berbagai aplikasi kebutuhan sehari-hari lainnya, kini hadir aplikasi sewa mobil online. Luar biasa!

DOcar  adalah e-marketplace yang bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. DOcar mempertemukan partner-partner penyedia jasa sewa mobil yang ingin memasarkan jasa sewa mobil dan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.

Pemilihan nama DOcar sebagai e-marketplace pelaku usaha rental mobil bukan hanya sekadar jargon. Penggagas DOcar mengajak pelanggan, utamanya wisatawan, untuk memilih mobil sewaan sebagai sarana transportasi yang praktis dan andal. “Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil.” (DO your activities with CAR), demikian visi dari DOcar.

Sudah tau khan sekarang siapa itu DOcar?? hihihihihihi..

Di era modern ini, dokar telah bergeser fungsinya menjadi alat transportasi wisata turis untuk berkeliling kota. Fungsi tersebut mengilhami DOcar yang ingin turut berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia sebagai salah satu visi DOcar.

Keunggulan DOcar

sdrrw.png

Layanan sewa mobil DOcar mudah diakses, fleksibel, mampu menampilkan harga termurah, dan meliputi banyak varian mobil. Dibandingkan dengan layanan serupa, DOcar benar-benar mendata setiap mobil sewaan secara detail. DOcar menyediakan informasi lengkap mulai dari kondisi umum mobil hingga plat nomor mobil. Hanya DOcar yang bisa menjamin Anda mendapatkan mobil sewaan pilihan Anda.

Wilayah operasional DOcar untuk saat ini adalah wilayah Solo dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, serta Semarang dan sekitarnya. DOcar akan terus memperluas wilayah operasional. Ini adalah salah satu visi DOcar untuk dapat menghadirkan layanan sewa mobil online DOcar di seluruh Indonesia. DOcar yakin dapat menghadirkan layanan sewa mobil online yang mudah, tepat, dan lebih terjangkau.

 

Dilihat dari segi kualitas, aplikasi DOcar ini jelas sangat membantu dalam hal sewa menyewa kendaraan. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, cepat, dan aman.

Saya percaya,  aplikasi wajib para traveler ini punya beragam manfaat untuk memudahkan perjalanan, mulai dari mengetahui posisi mobil sewa terdekat, memilih titik penjemputan, pengantaran, waktu pesanan, dan tipe mobil, dll.

Demi manfaat itulah saya bersegera memasang aplikasi DOcar di gadget saya. Semudah itukah? Mari kita lihat.

Berikut adalah proses pemesanan yang saya lakukan melalui aplikasi  DOcar.

Pertama, buka dulu aplikasinya, selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:

foto 2foto 1foto 3

foto 4

Mau ikut saya #CityTour di Solo? Ayo merapat..
=====
DOcar
Keterangan lebih lanjut mengenai DOcar dapat menghubungi Customer Service melalui nomor +62271-735789 atau email ke : support@docar.co.id yang dapat membantu setiap saat.Website: https://www.docar.co.id/
Facebook: http://www.facebook.com/docar.idDOcar  (Andorid Apps): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar

Nah, lanjut cerita nih.. Nantinya saya bakal minta dijemput sopir di Bandara sama pak sopir DOcar, hari dan jamnya pun sudah diatur. Kemudian saya bakal sodorin 10 tempat wisata yang akan saya kunjungi selama di Solo, selama tiga hari yaitu :

1. Kampung Laweyan

Udah tahukan kalo Solo ini pusatnya Batik?? Ya, kampung Laweyan ini merupakan salah satu kampung batik yang sering dan banyak dikunjungi wisatawan. Baik itu turis domestik atau mancanegara. Di kampung ini kita bisa menyusuri gang-gang kecil untuk melihat sentra kerajinan batik yang hampir ditekuni semua pemilik rumah. Hampir semua rumah dijadikan showroom batik.

Disana kita juga bisa melihat langsung proses pembuatannya, dan dijamin harga yang disuguhkan masih masuk akal kok.. Oh iya selain itu semua ada salah satu andalan saya dari tempat ini. di kampung ini saya bisa window shopping sambil “Selfie”. Karena bangunan-bangunan disana masih banyak bangunan yang merupakan cagar cudaya dan situs-situs bersejarah. Seperti di Jembatan Merah – Surabaya gitu deh.

soc_400_wisata-kampung-batik-laweyan-mr-admin-e474eb15c7a478cbab3bd7bdfe64bfbac501490claweyan

Sumber : adisumarmo-airport.com

cap-batik-laweyan

Sumber : wego.co.id

 

2. Keraton Surakarta

Mengunjungi Solo belum lengkap tanpa mampir ke Keraton Surakarta. Bangunan yang dibangun tahun 1975 oleh Pakoe Boewono II ini hingga kini masih ditinggali oleh keluarga besar Pakoe Boewono. Letak keraton ini sangat strategis, berada di pusat kota dengan desain bangunan perpaduan eropa dan Jawa yang berwarna putih birunya. Disini kita juga dapat menikmati Museum peninggalan kerajaan. Seperti benda pusaka, alat transportasi seperti kereta dan juga mobil-mobil kerajaan. Berkunjung ke tempat ini sudah bisa dipastikan kita akan menikmati dan merasa terlempar ke mesin waktu.. hihihihihi..

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Sumber : surakarta.go.id

 

 

3. Pasar Klewer

Jika kalian berwisata ke Keraton Surakarta maka menurut saya wajib untuk mampir ke pasar klewer. kenapa wajib?? Pasar ini merupakan sentra atau pusat grosir baju batik dan baju-baju murah lainnya. Bukan rahasia lagi jika banyak pedagang di seluruh Indonesia yang mengambil (kulakan) barang dagangannya di pasar ini. Letak pasar klewer juga berdekatan dengan Keraton Surakarta, jadi nanggung kalau kalian belum mampir ke tempat ini.

Jadi, kalo mau borong oleh-oleh mending mampir deh..  😀

Pasar-Klewer-Surakarta

Sumber : jalansolo.com

 

4. Keraton Mangkunegaraan atau Pura Mangkunegaraan

Konon, ada pemberontakan di keraton Solo. Sehingga ada dua keraton di kota ini. Keraton Mangkunegaraan atau sering disebut Pura Mangkunegaraan ini dibangun oleh Mangkunegara I yang mana keraton ini digunakan sebagai tempat tinggal keluarga besarnya hingga saat ini. Sekilas Keraton ini sama dengan Keraton Surakarta yang berarsitektur Jawa Eropa. Di dalamnya kita dapat melihat bangunan istana, perpustakaan, koleksi topeng berbagai daerah dan museum benda-benda peninggalan kerajaan.

mangkunegaran_skycrapercity

Sumber : anisavitri.wordpress.com

Dari namanya sudah tahukan artinya? Grojogan itu air yang turun secara grojog alias banyak ( dibaca: Air terjun). Sewu itu artinya seribu. Air terjun seribu. Dari namanya saja ini sudah keren banget. Gak bisa bayangin gimana dinginnya sekarang di sana. Tapi yang pasti kesegaran di surga dunia ini akan membuat kita terpesona.
5. Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo kategori wisata alam yang paling terkenal. Berada di sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu tidaklah jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah 18,000 Rupiah per orang. Murah kan? Murah dong untuk wisata seindah ini.
Grojogan-Sewu-Tawangmangu

Sumber : anekatempatwisata.com

 

6. Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah tempat wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008. Lokasi taman ini kebetulan masih satu tempat dengan grojogan sewu yaitu tawangmangu. Taman ini asyik dipakai buat nyantai bareng keluarg ataupun untuk jomblo yang ingin wifi gratis. Cocok nih untuk bersenang – senang di dumay sambil lihat pemandangan keren di sana. Kali aja ketemu jodoh. hihihihihihi..

balekambang1.jpg

Sumber : jejak-bocahilang.com

6. Tugu Lilin

Masih lokasi yang bersejrah. Kali ini saya akan menyambangi sebuah tugu berbentuk lilin. Sudah tahu kan filososfi lilin? Dia akan menerangi orang – orang yang ada disekitarnya. Ah so sweet bingit.
Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan. Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.

7. Museum Manusia Purba Sangiran
 
Setelah lokasi sejarah. Sekarang kita kembali lagi jaman sebelum sejarah alias masa prasejarah. Masa dimana manusia belum seperti sekarang ini. Indonesia merupakan lokasi paling banyak ditemukannya fosil manusia purba. Khususnya di pulau jawa. Salah satunya Solo. Museum Manusia Purba Sangiran adalah sebuah museum unik yang mempunyai koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun. Dengan lebih dari 13,000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Selain itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga mempunyai koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.
sangiran

Sumber : telusurindonesia.com

sangiran6

Sumber : telusurindonesia.com

8. Pandawa Water World Solo

Saya tahu di indonesia banyak konsep water world yang menarik. namun, ada yang menarik dengan Pandawa Water World Solo Baru.  tempat ini merupakan sebuah wahana wisata air yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang terkenal. Berlokasi di Solo Baru, Pandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga anda dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo Baru adalah 50,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan 100,000 Rupiah pada hari Sabtu, dan Minggu.

pandawa1.jpg

Sumber : telusurindonesia.com

9. Taman Sriwedari
Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.
93295298.jpg

Sumber : panoramio.com

10. Air Terjun Jumog
Tujuan terakhir setelah berkeliling kota solo yaitu Air Terjon Jumog. Biar seger ayo mandi  di Air Terjun Jumog. Lokasinya memang agak keluar Solo nih.
Gak apa – apa. Lanjutkan.
Air Terjun Jumog adalah alternatif tempat wisata alam yang terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Air Terjun Jumog tidak kalah indah dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Berjarak sekitar 40 KM dari kota Solo, Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan harga yang murah. Cukup dengan 5,000 Rupiah saja anda sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Jumog dan bermain air di bawah air terjun tersebut.
air-terjun-jumog-1170x776.jpg

Sumber : blog.airyrooms.com

* Satu hal yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat yang kalian kunjungi..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita, biarkan mereka juga menikmati Kepingan Tanah Surga di Indonesia nantinya..

IMG_20150215_102341

#G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

Backpacker Seru & Nyaman ke Daerah Istimewa bersama DOcar

Awalnya, rencana yang ingin saya wujudkan bulan September tahun ini adalah pergi melancong ke Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja) untuk bertemu kawan lama saya disana, lalu bersama-sama mengunjungi berbagai objek wisata menarik di Jogja.
Tantri dan Hendra Dopo adalah teman saya tersebut, awalnya kami bertemu di Gunung Semeru bulan april lalu. Di ketinggian 3676mdpl darisanalah kami mulai akrab, bahkan bisa dianggap kami telah menjadi saudara sekarang. Kami bertiga sesama penggemar hiking & traveling, kesamaan inilah yang membuat kami semakin akrab. Meski masing-masing tinggal di Kota yang berbeda, bahkan beda Pulau.
Di Indonesia Timur, Mbak Tantri tinggal bersama kakanya di Denpasar, sedangkan Hendra Dopo tinggal di Balikpapan, dan saya sendiri dari Malang.
Karena jarak dan domisili kami yang berpencar itulah, saya anggap Jogja adalah titik temu yang tepat untuk kami bertiga..
foto 1.JPG
Img_456131Img_456135Img_456142
Menurut saya pribadi, Yogyakarta merupakan kota yang sangat indah dan istimewa di Indonesia. Tak kalah bagusnya dengan objek wisata beberapa kota besar di Indonesia, jogja juga memiliki berbagai tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi oleh semua orang, baik warga lokal maupun asing dengan harga yang cukup murah.
Salah satu tempat yang paling populer dan sangat ingin kami nikmati selama di Jogja adalah Jl. Malioboro, yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.
Di jalan tersebut beraneka kuliner khas Jogja, kota yang sering dijuluki “kota Gudeg” oleh orang pribumi  ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan tempat yang amat menarik untuk dikunjungi. Selain itu  banyak budaya menarik yang disuguhkan oleh kota ini, sehingga tak salah jika memang kota ini dijuluki “City of Culture” of Indonesia.
Wajar saja jika dulunya Yogyakarta dijadikan ibukota, dan menjadi Daerah Istimewa. Karena kota yang satu ini memang memiliki kemajuan yang lebih baik dibanding yang lain, baik dari segi pendidikan, kreativitas masyarakat, keindahan kota, dan lain sebagainya. Dan soal wisata tak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan yang berdatangan kesana, baik wisatawan lokal maupun asing.
Jogja bukan hanya sebagai kota wisata yang menyenangkan, tetapi juga sebagai sentra pendidikan yang sangat bagus di Indonesia, wajar saja jika Yogyakarta juga dijuluki dengan sebutan kota pendidikan. Kota yang satu ini memang berbeda dengan kota lainnya di Indonesia, suasana tenang, alam yang indah, masyarakat yang sangat ramah, dan kuliner yang lezat, dan itulah sekiranya daya tarik utama dari sebuah kota bernama Jogjakarta.

 

Hendak jalan-jalan kemana selama di Jogjakarta?

1. Malioboro

 
1
Malioboro
Malioboro merupakan salah satu nama jalan dari tiga jalan di Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.
Ada banyak obyek bersejarah yang tersedia di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja, serta berbagai kemenarikan lainnya.
  1. Pasar Beringharjo
  2. Kasongan
  3. Pasar Seni Gabusan
  4. Pantai Baron – Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab Gunungkidul
  5. Pantai Samas – Des. Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul
  6. Air Terjun Gedangan – Bantul
  7. Air Terjun Goa Cerme – Bantul
  8. Air Terjun Jogan – Gunung Kidul

2. Pantai Parangtritis – Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul

 
parangtritisparangtritis2
Pantai Parangtritis
Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

  1. Pantai Indrayanti – Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul
  2. Pantai Pok Tunggal – Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul
  3. Pantai Sepanjang – Timur Pantai Kukup, Kab. Gunungkidul
  4. Pantai Ngobaran – Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul
  5. Pantai Sadeng – Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul
  6. Pantai Glagah – Kab. Kulon Progo
  7. Pantai Wediombo – Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul
  8. Candi Kalasan adalah Peninggalan Budha yang Tertua di Yogyakarta – Desa Kalibening, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  9. Candi Gembirowati – Desa Girijati, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul

 

 

3. Candi Prambanan – Desa Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman

 
prambanan-temple-5
Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan salah satu candi tercantik di dunia, dan terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.
Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.
  1. Kraton Ratu Boko, memiliki Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian – Desa Dawung, Kec. Prambanan, Kab Sleman
  2. Candi Ijo, Candi ini Letaknya paling tinggi di Yogyakarta – Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  3. Candi Abang – Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman
  4. Candi Gampingan – Desa Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul
  5. Candi Sari – Desa Candisari, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  6. Candi Kedulan – Desa Kedulani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  7. Candi Sambisari – Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  8. Candi Sorogedug – Dusun Sorogedug, Desa Madurejo, Kec Prambanan, Kab. Sleman
  9. Candi Kimpulan – Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman

4. Taman Sari

 
147578-1000xauto-mitos-tamansari-taman-sari-water-castle
Taman Sari
Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.
Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.
  1. Candi Banyunibo – Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  2. Candi Morangan – Desa Morangan, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman
  3. Candi Risan – Dusun Candirejo, desa Risan, Kec. semin, Kab. Gunungkidul,
  4. Situs Mantup – Dusun Mantup, Desa Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul
  5. Situs Payak – Dusun Payak, Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul
  6. Situs Mangir – Dusun Mangir, Desa Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul
  7. Situs Arca Bugisan – Dusun Bugisan, Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  8. Situs Arca Gupolo – Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  9. Situs Gua Sentono – Desa Jogotirto, Kec. Berbah
5. Keraton Yogyakarta
 
Indonesia - Java - Yogyakarta - Kraton (Kraton Ngayogyakarta Had
Keraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka
  2. Candi Klodangan – Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman
  3. Monumen Jogja Kembali
  4. Goa Selarong
  5. Gua Rancang Koncono
  6. Gua Cerme
  7. Museum Sonobudoyo
  8. Pemakaman Imogiri
  9. Kerajinan kulit Manding Bantul
6. Goa Jomblang
cahaya-surga-goa-jomblangjomblang-cave
Goa Jomblang

Jika anda menyukai petualangan atau tantangan maka Goa Jomblang yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini patut anda coba untuk explore. Goa Jomblang yang merupakan goa vertikal ini mempunyai hutan purba yang rapat didalamnya. Namun yang menjadi daya tarik utama adalah menelusur, melihat serta mengabadikan cahaya yang turun secara tegak lurus menembus kegelapan goa, yang sering disebut “Cahaya Surga”.

Akses menuju Goa Jomblang dari pusat kota jogjakarta memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 50 kilometer. Anda bisa memilih menggunakan angkutan umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Letak Goa Jomblang

Goa Jomblang ini terletak pada perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari gombong jawa tengah hingga kawasan karst Pegunungan sewu, Pacitan Jawa Timur. Goa vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk karena ribuan tahun yang lalu tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya ambles ke dasar bumi akibat dari proses geologi.

Akibat dari peristiwa alam tersebut akhirnya membentuk “sinkhole” atau sumuran menganga, namun masyarakat sekitar menyebutnya “luweng”. Diameter luweng jomblang ini mempunyai diameter 50 meter.

Cara Masuk Luweng Jomblang

Untuk mengexplore goa jomblang ini selain dibutuhkan keberanian dan nyali yang extra, harus disertai juga dengan penguasaan Single Rope Technique (SRT) atau biasa disebut tali tunggal. Selain itu kegiatan caving di Goa Jomblang ini juga wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving dan anda juga wajib didampingi oleh ahli penelusur goa yang sudah berpengalaman.

Peralatan dan perlengkapan yang wajib digunakan untuk menjelajah Goa Jomblang adalah coverall, sepatu boot, helm, headlamp dan SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang serta cowstail pendek.

 

foto 3

foto 2

foto 4

Goa jomblang ini terhubung dengan dua goa vertikal lainnya yang bernama goa grubug. Untuk memasukinya terdapat 4 jalur, bagi pemula disarankan untuk memilih jalur VIP, karena jalur yang pendek dan mudah. Namun jalur VIP ini tidak langsung menuju blank spot, melainkan harus menyusuri slope yang curam dulu sekitar 15 meter, setelah itu baru turun lewat tali sekitar 20 meter. Mungkin perjuangan untuk sampai ke dasar goa terasa berat, namun jika anda sudah berhasil menapakkan kaki di dasar goa, niscaya perjangan anda tersebut terbayar kontan dengan pemandangan alam indah.

Itulah beberapa objek wisata yang ingin kami sambangi selama di Jogja. Untuk mewujudkan kegiatan wisata tersebut, satu hal yang paling penting untuk saya lakukan dari sekarang adalah memesan mobil untuk kemudahan perjalanan. Tanpa kendaraan sewa, kelancaran berwisata dapat dipastikan tidak selancar saya menata urutan tempat tujuan. Apalagi, saya termasuk orang yang tidak lincah dalam naik turun kendaraan umum. Bukan maksud hati hendak mengatakan tidak suka naik angkutan umum, tapi sungguh saya bukan orang yang tangguh dan tegar di jalanan. Menyewa mobil adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempermudah perjalanan..

Namun, beberapa problematika sering muncul ketika akan menyewa mobil. Perkara menyewa mobil terkadang memang menjadi tidak mudah karena butuh waktu dan tenaga ekstra untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Tak jarang harus rela untuk mengunjungi rental mobil dari satu tempat ke tempat lainnya. Belum lagi masalah harga sewa, harus membandingkan harga dari beberapa tempat rental untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget.

Terkadang pula saya tidak mengetahui kondisi mobil yang akan disewa. Bahkan juga tidak pernah mengetahui siapa pengemudi yang akan mengantarkan selama perjalanan. Semuanya harus dipikirkan secara matang agar mobil sewaan memenuhi kelayakan yang ada.

banner-ad-3.jpg
docar.png
Syukur Alhamdulillah, sejak awal bulan Juli lalu saya mendapat informasi dari seorang kawan bahwa kini sudah ada alternatif lain dalam hal sewa menyewa mobil. Yakni aplikasi DOcar

Lagi, teknologi komunikasi telah mempermudah kehidupan. Setelah berbagai aplikasi kebutuhan sehari-hari lainnya, kini hadir aplikasi sewa mobil online. Luar biasa!

DOcar  adalah e-marketplace yang bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. DOcar mempertemukan partner-partner penyedia jasa sewa mobil yang ingin memasarkan jasa sewa mobil dan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.

PT. DOcar Indonesia sebagai perusahaan induk DOcar telah berkecimpung di bidang IT sejak tahun 2011. Setelah berada di bidang IT khususnya dunia online internet selama lima tahun, DOcar melihat peluang bisnis di sektor jasa sewa mobil Solo Jogja Semarang. Banyak di antara pelaku jasa sewa mobil kurang memperhatikan kemudahan calon pelanggan untuk mendapatkan mobil sewaan yang benar-benar mereka inginkan.

DOcar yang menyadari perkembangan pesat penggunaan aplikasi mempunyai inisiatif untuk mencarikan solusi antara pelaku jasa sewa mobil calon pelanggan. Dilandasi keinginan DOcar  untuk membantu penyewa mobil mendapatkan mobil pilihan, membantu rental mobil memasarkan produk-produk jasa sewa mobil, serta mendukung pariwisata Indonesia, DOcar mengajak para pelaku usaha sewa mobil untuk bernaung dalam satu e-marketplace dengan nama DOcar.

Pemilihan nama DOcar sebagai e-marketplace pelaku usaha rental mobil bukan hanya sekadar jargon. Penggagas DOcar mengajak pelanggan, utamanya wisatawan, untuk memilih mobil sewaan sebagai sarana transportasi yang praktis dan andal. “Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil.” (DO your activities with CAR), demikian visi dari DOcar.

Alasan lainnya, DOcar memiliki kemiripan ejaan dengan “dokar”, salah satu warisan budaya Jawa berbentuk alat transportasi tradisional. Menurut penuturan masyarakat Jawa, istilah “dokar” diyakini berasal dari bahasa Inggris dogcart (kereta pembawa anjing pemburu). Di era modern ini, dokar telah bergeser fungsinya menjadi alat transportasi wisata turis untuk berkeliling kota. Fungsi tersebut mengilhami DOcar yang ingin turut berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia sebagai salah satu visi DOcar.

Keunggulan DOcar

sdrrw.png

Layanan sewa mobil DOcar mudah diakses, fleksibel, mampu menampilkan harga termurah, dan meliputi banyak varian mobil. Dibandingkan dengan layanan serupa, DOcar benar-benar mendata setiap mobil sewaan secara detail. DOcar menyediakan informasi lengkap mulai dari kondisi umum mobil hingga plat nomor mobil. Hanya DOcar yang bisa menjamin Anda mendapatkan mobil sewaan pilihan Anda.

Wilayah operasional DOcar untuk saat ini adalah wilayah Solo dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, serta Semarang dan sekitarnya. DOcar akan terus memperluas wilayah operasional. Ini adalah salah satu visi DOcar untuk dapat menghadirkan layanan sewa mobil online DOcar di seluruh Indonesia. DOcar yakin dapat menghadirkan layanan sewa mobil online yang mudah, tepat, dan lebih terjangkau.

 

Dilihat dari segi kualitas, aplikasi DOcar ini jelas sangat membantu dalam hal sewa menyewa kendaraan. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, cepat, dan aman.

Saya percaya,  aplikasi wajib traveling ini punya beragam manfaat untuk memudahkan perjalanan, mulai dari mengetahui posisi mobil sewa terdekat, memilih titik penjemputan, pengantaran, waktu pesanan, dan tipe mobil, dll.

Demi manfaat itulah saya bersegera memasang aplikasi DOcar di gadget saya. Semudah itukah? Mari kita lihat.

Berikut adalah proses pemesanan yang saya lakukan melalui aplikasi  DOcar.

Pertama, buka dulu aplikasinya, selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:

Screenshot_2016-08-02-10-21-20
Screenshot_2016-08-02-10-21-42
Screenshot_2016-08-02-10-22-08
Screenshot_2016-08-02-10-23-43
Screenshot_2016-08-02-10-24-07
Nah, mudah sekali, bukan?
Ya, mudah dan cepat, itulah yang saya rasakan ketika melakukan proses pemesanan. Semoga saja, rencana jalan-jalan di Jogja nanti pun bisa terlaksana dengan mudah, semudah menggunakan aplikasi DOcar.
Mau ikut saya #CityTour di Jogja? Ayo merapat..
=====
DOcar
Keterangan lebih lanjut mengenai DOcar dapat menghubungi Customer Service melalui nomor +62271-735789 atau email ke : support@docar.co.id yang dapat membantu setiap saat.Website: https://www.docar.co.id/
Facebook: http://www.facebook.com/docar.idDOcar  (Andorid Apps): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar

* Satu hal yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat yang kalian kunjungi..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita, biarkan mereka juga menikmati Kepingan Tanah Surga di Indonesia nantinya..

IMG_20150215_102341

#G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-