Solo Backpacker ke Solo dijamin Nyaman, Aman, Bahagia dan Anti Nyasar bersama DOcar.

DOcar Apakah itu? kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan Hewan (kuda) sebagai penggantinya? Bukan. Kita rewind dulu yuk. Kenapa tiba – tiba ada DOcar. Terus apa sih itu? Cewek kah? Kan kalau cewek bisa nyelamatin saya dari kejombloan. Ngarep banget sih jar!!.

Oke rewind lagi ke kisah awal saya bisa kenalan sama si dia. Iya si dia. Si DOcar. Cieeee. Cieee. Skip skip..

Makin penasaran kan? Oke tenang nanti juga tahu kok siapa DOcar ini. Santai cuy santai. Sekarang tarik nafas panjang dulu karena saya akan ajak kalian semua backpacker online dulu ke The Spirit of Java. Kota Solo memang layak disebut The Spirit of Java, wisata di kota ini memang ada banyak. Saya jamin gak kalah deh ama kota tetangganya Yogyakarta dan Semarang.

Jujur saja teman-teman, saya ini kagum dengan wisata Solo, tahun ini InshaAllah jika diberi kesempatan Bulan Oktober tahun ini saya akan solo backpacker lagi kesana. Tapi belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, saya sengaja mempersiapkan trip seorang diri kali ini dengan matang. Sewa mobil atau alat transportasi yang benar dan tepat sasaran saya percaya akan menjadi salah satu faktor pendukung suksesnya setiap Trip dan petualangku.

Tanpa kendaraan sewa, kelancaran Wisata Solo kali ini dapat dipastikan tidak selancar saya menata urutan tempat tujuan. Apalagi, saya termasuk orang yang tidak begitu lincah dalam naik turun kendaraan umum. Bukan maksud hati hendak mengatakan tidak suka naik angkutan umum, tapi sungguh saya bukan orang yang tangguh dan tegar di dalam angkot. Saya dijamin Mabuk kalau kelamaan di dalam angkot.

Menyewa mobil adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempermudah perjalanan saya.. Namun, beberapa problematika sering muncul ketika akan menyewa mobil. Perkara menyewa mobil terkadang memang menjadi tidak mudah karena butuh waktu dan tenaga ekstra untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Tak jarang harus rela untuk mengunjungi rental mobil dari satu tempat ke tempat lainnya. Belum lagi masalah harga sewa, harus membandingkan harga dari beberapa tempat rental untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget.

Terkadang pula saya tidak mengetahui kondisi mobil yang akan disewa. Bahkan juga tidak pernah mengetahui siapa pengemudi yang akan mengantarkan selama perjalanan. Semuanya harus dipikirkan secara matang agar mobil sewaan memenuhi kelayakan yang ada.

Suatu waktu saya pernah browsing asal-asalan sewa mobil di internet, lalu SMS untuk kesepakatan rental mobilnya. Eh, setelah transfer malah saya gak dijemput di bandara. Duh, amit-amit kejadian seperti ini lagi. Kapok dan bener-bener gak pengen terulang lagi kejadian seperti itu.

banner-ad-3.jpg
docar.png
Syukur Alhamdulillah, sejak awal bulan Juli lalu saya mendapat informasi dari seorang kawan bahwa kini sudah ada alternatif lain dalam hal sewa menyewa mobil. Yakni aplikasi DOcar. Lagi, teknologi komunikasi telah mempermudah kehidupan. Setelah berbagai aplikasi kebutuhan sehari-hari lainnya, kini hadir aplikasi sewa mobil online. Luar biasa!

DOcar  adalah e-marketplace yang bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. DOcar mempertemukan partner-partner penyedia jasa sewa mobil yang ingin memasarkan jasa sewa mobil dan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.

Pemilihan nama DOcar sebagai e-marketplace pelaku usaha rental mobil bukan hanya sekadar jargon. Penggagas DOcar mengajak pelanggan, utamanya wisatawan, untuk memilih mobil sewaan sebagai sarana transportasi yang praktis dan andal. “Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil.” (DO your activities with CAR), demikian visi dari DOcar.

Sudah tau khan sekarang siapa itu DOcar?? hihihihihihi..

Di era modern ini, dokar telah bergeser fungsinya menjadi alat transportasi wisata turis untuk berkeliling kota. Fungsi tersebut mengilhami DOcar yang ingin turut berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia sebagai salah satu visi DOcar.

Keunggulan DOcar

sdrrw.png

Layanan sewa mobil DOcar mudah diakses, fleksibel, mampu menampilkan harga termurah, dan meliputi banyak varian mobil. Dibandingkan dengan layanan serupa, DOcar benar-benar mendata setiap mobil sewaan secara detail. DOcar menyediakan informasi lengkap mulai dari kondisi umum mobil hingga plat nomor mobil. Hanya DOcar yang bisa menjamin Anda mendapatkan mobil sewaan pilihan Anda.

Wilayah operasional DOcar untuk saat ini adalah wilayah Solo dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, serta Semarang dan sekitarnya. DOcar akan terus memperluas wilayah operasional. Ini adalah salah satu visi DOcar untuk dapat menghadirkan layanan sewa mobil online DOcar di seluruh Indonesia. DOcar yakin dapat menghadirkan layanan sewa mobil online yang mudah, tepat, dan lebih terjangkau.

 

Dilihat dari segi kualitas, aplikasi DOcar ini jelas sangat membantu dalam hal sewa menyewa kendaraan. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, cepat, dan aman.

Saya percaya,  aplikasi wajib para traveler ini punya beragam manfaat untuk memudahkan perjalanan, mulai dari mengetahui posisi mobil sewa terdekat, memilih titik penjemputan, pengantaran, waktu pesanan, dan tipe mobil, dll.

Demi manfaat itulah saya bersegera memasang aplikasi DOcar di gadget saya. Semudah itukah? Mari kita lihat.

Berikut adalah proses pemesanan yang saya lakukan melalui aplikasi  DOcar.

Pertama, buka dulu aplikasinya, selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:

foto 2foto 1foto 3

foto 4

Mau ikut saya #CityTour di Solo? Ayo merapat..
=====
DOcar
Keterangan lebih lanjut mengenai DOcar dapat menghubungi Customer Service melalui nomor +62271-735789 atau email ke : support@docar.co.id yang dapat membantu setiap saat.Website: https://www.docar.co.id/
Facebook: http://www.facebook.com/docar.idDOcar  (Andorid Apps): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar

Nah, lanjut cerita nih.. Nantinya saya bakal minta dijemput sopir di Bandara sama pak sopir DOcar, hari dan jamnya pun sudah diatur. Kemudian saya bakal sodorin 10 tempat wisata yang akan saya kunjungi selama di Solo, selama tiga hari yaitu :

1. Kampung Laweyan

Udah tahukan kalo Solo ini pusatnya Batik?? Ya, kampung Laweyan ini merupakan salah satu kampung batik yang sering dan banyak dikunjungi wisatawan. Baik itu turis domestik atau mancanegara. Di kampung ini kita bisa menyusuri gang-gang kecil untuk melihat sentra kerajinan batik yang hampir ditekuni semua pemilik rumah. Hampir semua rumah dijadikan showroom batik.

Disana kita juga bisa melihat langsung proses pembuatannya, dan dijamin harga yang disuguhkan masih masuk akal kok.. Oh iya selain itu semua ada salah satu andalan saya dari tempat ini. di kampung ini saya bisa window shopping sambil “Selfie”. Karena bangunan-bangunan disana masih banyak bangunan yang merupakan cagar cudaya dan situs-situs bersejarah. Seperti di Jembatan Merah – Surabaya gitu deh.

soc_400_wisata-kampung-batik-laweyan-mr-admin-e474eb15c7a478cbab3bd7bdfe64bfbac501490claweyan

Sumber : adisumarmo-airport.com

cap-batik-laweyan

Sumber : wego.co.id

 

2. Keraton Surakarta

Mengunjungi Solo belum lengkap tanpa mampir ke Keraton Surakarta. Bangunan yang dibangun tahun 1975 oleh Pakoe Boewono II ini hingga kini masih ditinggali oleh keluarga besar Pakoe Boewono. Letak keraton ini sangat strategis, berada di pusat kota dengan desain bangunan perpaduan eropa dan Jawa yang berwarna putih birunya. Disini kita juga dapat menikmati Museum peninggalan kerajaan. Seperti benda pusaka, alat transportasi seperti kereta dan juga mobil-mobil kerajaan. Berkunjung ke tempat ini sudah bisa dipastikan kita akan menikmati dan merasa terlempar ke mesin waktu.. hihihihihi..

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Sumber : surakarta.go.id

 

 

3. Pasar Klewer

Jika kalian berwisata ke Keraton Surakarta maka menurut saya wajib untuk mampir ke pasar klewer. kenapa wajib?? Pasar ini merupakan sentra atau pusat grosir baju batik dan baju-baju murah lainnya. Bukan rahasia lagi jika banyak pedagang di seluruh Indonesia yang mengambil (kulakan) barang dagangannya di pasar ini. Letak pasar klewer juga berdekatan dengan Keraton Surakarta, jadi nanggung kalau kalian belum mampir ke tempat ini.

Jadi, kalo mau borong oleh-oleh mending mampir deh..  😀

Pasar-Klewer-Surakarta

Sumber : jalansolo.com

 

4. Keraton Mangkunegaraan atau Pura Mangkunegaraan

Konon, ada pemberontakan di keraton Solo. Sehingga ada dua keraton di kota ini. Keraton Mangkunegaraan atau sering disebut Pura Mangkunegaraan ini dibangun oleh Mangkunegara I yang mana keraton ini digunakan sebagai tempat tinggal keluarga besarnya hingga saat ini. Sekilas Keraton ini sama dengan Keraton Surakarta yang berarsitektur Jawa Eropa. Di dalamnya kita dapat melihat bangunan istana, perpustakaan, koleksi topeng berbagai daerah dan museum benda-benda peninggalan kerajaan.

mangkunegaran_skycrapercity

Sumber : anisavitri.wordpress.com

Dari namanya sudah tahukan artinya? Grojogan itu air yang turun secara grojog alias banyak ( dibaca: Air terjun). Sewu itu artinya seribu. Air terjun seribu. Dari namanya saja ini sudah keren banget. Gak bisa bayangin gimana dinginnya sekarang di sana. Tapi yang pasti kesegaran di surga dunia ini akan membuat kita terpesona.
5. Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo kategori wisata alam yang paling terkenal. Berada di sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu tidaklah jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah 18,000 Rupiah per orang. Murah kan? Murah dong untuk wisata seindah ini.
Grojogan-Sewu-Tawangmangu

Sumber : anekatempatwisata.com

 

6. Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah tempat wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008. Lokasi taman ini kebetulan masih satu tempat dengan grojogan sewu yaitu tawangmangu. Taman ini asyik dipakai buat nyantai bareng keluarg ataupun untuk jomblo yang ingin wifi gratis. Cocok nih untuk bersenang – senang di dumay sambil lihat pemandangan keren di sana. Kali aja ketemu jodoh. hihihihihihi..

balekambang1.jpg

Sumber : jejak-bocahilang.com

6. Tugu Lilin

Masih lokasi yang bersejrah. Kali ini saya akan menyambangi sebuah tugu berbentuk lilin. Sudah tahu kan filososfi lilin? Dia akan menerangi orang – orang yang ada disekitarnya. Ah so sweet bingit.
Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan. Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.

7. Museum Manusia Purba Sangiran
 
Setelah lokasi sejarah. Sekarang kita kembali lagi jaman sebelum sejarah alias masa prasejarah. Masa dimana manusia belum seperti sekarang ini. Indonesia merupakan lokasi paling banyak ditemukannya fosil manusia purba. Khususnya di pulau jawa. Salah satunya Solo. Museum Manusia Purba Sangiran adalah sebuah museum unik yang mempunyai koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun. Dengan lebih dari 13,000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Selain itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga mempunyai koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.
sangiran

Sumber : telusurindonesia.com

sangiran6

Sumber : telusurindonesia.com

8. Pandawa Water World Solo

Saya tahu di indonesia banyak konsep water world yang menarik. namun, ada yang menarik dengan Pandawa Water World Solo Baru.  tempat ini merupakan sebuah wahana wisata air yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang terkenal. Berlokasi di Solo Baru, Pandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga anda dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo Baru adalah 50,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan 100,000 Rupiah pada hari Sabtu, dan Minggu.

pandawa1.jpg

Sumber : telusurindonesia.com

9. Taman Sriwedari
Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.
93295298.jpg

Sumber : panoramio.com

10. Air Terjun Jumog
Tujuan terakhir setelah berkeliling kota solo yaitu Air Terjon Jumog. Biar seger ayo mandi  di Air Terjun Jumog. Lokasinya memang agak keluar Solo nih.
Gak apa – apa. Lanjutkan.
Air Terjun Jumog adalah alternatif tempat wisata alam yang terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Air Terjun Jumog tidak kalah indah dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Berjarak sekitar 40 KM dari kota Solo, Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan harga yang murah. Cukup dengan 5,000 Rupiah saja anda sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Jumog dan bermain air di bawah air terjun tersebut.
air-terjun-jumog-1170x776.jpg

Sumber : blog.airyrooms.com

* Satu hal yang Harus dan Wajib saya informasikan kepada kalian yang telah membaca tulisan saya ini..

Tetap Jaga Kelestarian tempat anda berwisata, jagalah kebersihannya dan hindari Vandalisme..

Jangan pernah ambil atau merusak apapun di tempat yang kalian kunjungi..

Biarkan semua tetap pada tempatnya, dan mati karena usianya..

Jaga Semesta ini untuk cucu kita, biarkan mereka juga menikmati Kepingan Tanah Surga di Indonesia nantinya..

IMG_20150215_102341

#G4D4Adventure

#SalamLestari

-FA-

Advertisements

One thought on “Solo Backpacker ke Solo dijamin Nyaman, Aman, Bahagia dan Anti Nyasar bersama DOcar.

  1. Emang Jalan-jalan dengan Solo Backpacker ke Solo dijamin Nyaman, Aman, Bahagia, namun jika capek neh ya, anda dapat pesan mobil aja.AJIBON SEWA MOBIL – SELAMAT DATANG DI SOLO yaa, moga perjalanan anada menyenangkan yaa. Ini kami beri info untuk SEWA MOBIL jika diperlukan. Ajibon Trans adalah Sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang service transportasi dan car rental yang mengcover wilayah Surakarta dan sekitarnya. Didirikan dasar alasan bahwa bisnis transportasi masih mempunyai peluang dan prospek yang baik serta ditunjang dengan jaringan kerja, system manajemen yang solid maka Ajibon Trans, di harapkan akan dapat bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Mempunyai makna bahwa pelayanan harus pulang dengan senyuman setelah memanfaatkan jasa ajibontrans. Senyum berarti bahagia dan kebahagiaan pelanggan itulah yang utama bagi kami. AjibonTrans – SoloSewaMobil.com Jalan KH. Agus Salim No. 34, Sondakan, Laweyan, Surakarta 57147 Office Phone : 0271 – 712464 Mobile Phone : 081215650640 – AJIBON SEWA MOBIL

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s